Pemkab Bone Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2019

461

Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halamam kantor Bupati Bone, pada Sabtu, 1 Juni 2019 sekira pukul 08.00 Wita.

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. selaku pemimpin upacara membacakan sambutan seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh “para pendiri bangsa.

Lanjutnya, ini merupakan suatu anugerah yang tiada tara Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai pancasila.

Kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Maka dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan persiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah sebut “Jas Merah” (Jangan Sekali melupakan sejarah) untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara. Demikian antara lain sambutan Kepala BPIP dibacakan Bupati Bone.

Di akhir upacara Bupati Bone mengapresiasi kepada seluruh peserta upacara di mana pelaksanaan upacara berjalan disiplin, tertib, aman, dan lancar.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 : “Kita Indonesia, Kita Pancasila”

Adapun susunan acara, yaitu:

1. Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
2. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara
3. Laporan Pemimpin Upacara
4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
5. Mengehingkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
6. Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
7. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
8. Amanat Pembina Upacara
9. Menanyikan Mars Pancasila/Garuda Pancasila
10. Pembacaan Doa
11. Laporan Pemimpin Upacara kepada pembina upacara
12. Penghormatan kepada pembina upacara
13. Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara
14. Upacara selesai.

Upacara diikuti Wakil Bupati Bone, Sekda Bone, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pejabat Eselon II, III, IV, dan seluruh ASN lingkup OPD Pemkab Bone, serta Salah satu pejabat eselon II dari Kalimantan.

BAGIKAN