Wabup Bone Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-70

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 di Lapangan Merdeka Watampone, Rabu 19 Desember 2018.

Hari Bela Negara diperingati setiap 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948

Upacara peringatan HBN tahun ini dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional (HKN) mengangkat tema “Ayo Bela Indonesiaku, Indonesia Rumah Kita.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta, kemudian pembacaan Ikrar Bela Negara. Selanjutnya selaku inspektur upacara Wakil Bupati Bone membacakan amanat bela negara dari Presiden RI Joko Widodo.

“Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas, tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Wabup Bone membacakan amanat Presiden RI.

” Sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia serta negara maritim dengan ribuan pulau bangsa yang Bineka dalam suku ras dan agama kita bersyukur bahwa negara kita tetap rukun damai dan bersatu,” .

Selanjutnya, presiden menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan aksi bela negara. Tak hanya TNI-Polri, profesi guru juga dimaknai sebagai bela negara.

Mereka yang mengajar walaupun bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan, banyak mereka yang mendampingi masyarakat untuk berwirausaha tanpa berniat mengambil manfaat dari masyarakat. Inilah sebuah bentuk dari bela negara yang patut kita apresiasi,” .

Turut hadir, Sekda Bone, Danrem 141/Toddopuli, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Kajari Bone, Kesbangpol, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari Bone, Danyon Brimob, Pejabat SKPD, serta ASN Lingkup Pemda Bone.