Bone Raih Penghargaan Pembina Proklim Tahun 2018

495

Masyarakat Bone kembali berbangga, di mana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bone yang telah berhasil membina program kampung iklim (Proklim).

Penghargaan Pembina Proklim itu diterima pada acara Hari Aksi Perubahan Iklim di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK Senayan Jakarta, Rabu 24 Oktober 2018.

Selain Bone, kabupaten Bulukumba juga mendapat penghargaan yang sama. Jadi penghargaan ini hanya diterima dua kabupaten di Sulawesi Selatan. Untuk Kabupaten Bone dari Desa Poleonro Kecamatan Kecamatan Lamuru. Desa ini membina dua dusun yakni Dusun Polewali dan Dusun Lita .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Ir.Asmar.M.M. menuturkan, perolehan penghargaan tersebut diperoleh karena Pemerintah kabupaten Bone konsisten dalam mendorong Program Kampung Iklim yang diterapkan selama ini.

Proklim, menurutnya, merupakan suatu kegiatan yang memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata, adaptasi, dan mitigasi dalam menghadapi variabilitas iklim serta dampak perubahan iklim.

Dijelaskannya, berbagai kegiatan, sosialisasi dan pendampingan telah dilakukan agar seluruh pemangku kepentingan aktif dalam pengelolaan lingkungan dan peka terhadap perubahan iklim. Sudah banyak dusun dan desa ikut terlibat dalam program Kampung Iklim ini.

Ia menambahkan, pemerintah pusat tidak akan mampu mengendalikan perubahan iklim bila pemerintah daerah tidak terlibat didalamnya. Itu karena program ini harus melibatkan kelompok masyarakat yang ada di desa dan kelurahan.

Sementara itu, Bupati Bone, Dr.H.A.Fahsar M.Padjalngi,M.Si. bersyukur mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat. “Beberapa penghargaan yang kita terima akhir-akhir ini, janganlah membuat kita terlena memberi pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya Selasa 30 Oktober 2018.

Bupati berharap, penghargaan ini dijadikan sebagai cambuk semangat bagi desa lainnya. Sehingga tahun depan lebih banyak lagi desa yang meraih penghargaan pembinaan kampung iklim ini di Kabupaten Bone.

“Berbuatlah yang terbaik untuk daerah, bangsa dan negara kita, selama hayat masih di kandung badan, kita akan selalu bersama-sama menjaga dan menjalankan amanah masyarakat guna mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera ,” tutupnya.

Baca juga : Tujuan dan Manfaat Program Kampung Iklim

BAGIKAN