Bone Raih Penghargaan OJK Republik Indonesia Tahun 2018

713

Diawal Pemerintahannya, Bupati Bone, Dr.H.A. Fahsar M.Padjalangi,M.Si. menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia sekaligus dinobatkan sebagai Tokoh Pelopor Penggerak Percepatan Akses Keuangan Daerah Tahun 2018.

Penghargaan itu diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI atas keberhasilan Pemda Bone dalam upaya Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel Prof. H.M. Nurdin Abdullah dalam acara Expo Literasi dan Inklusi Keuangan yang digelar Otoritas Jasa Keuangan Regional 6 Sulampua di City of Makassar, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu 20 Oktober 2018.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya, Walikota Makassar Danny Pomanto, Bupati Luwu Utara, Bupati Bone, Bupati Maros, Bupati Selayar, Deputi Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Sarjito, Kepala OJK RO 6 Sulampua Benzani, serta perwakilan kantor BI Sulawesi Selatan.

Di bawah kepemimpinan Bpk.H.A.Fahsar M.Padjalangi, Pemda Bone berhasil membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) berdasarkan Instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah di Indonesia.

Dan ini yang pertama di Sulawesi Selatan di mana Pemda Bone telah melakukan upaya-upaya memperkenalkan dan menjembatani para pengusaha UKM dengan industri keuangan, sehingga geliat usaha mikro masyarakat, terbesar di Sulsel setelah Makassar.

TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Bone juga telah membuat sektor unggulan seperti Produksi jagung, Pengolahan rumput laut, Pengasapan telur asin, Pengasapan ikan, Industri Songkok To Bone dan pemanfaatan areal pekarangan untuk sayur, cabe, dan lainnyaā€¯

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.A.Gunadil Ukra,M.M. mengatakan, ” Saya selaku sekretaris TPAKD dengan cepat menindaklanjuti Instruksi Presiden, alhamdulillah, Bone pertama di Sulawesi Selatan yang mendapat penghargaan ini,” tuturnya.

Sementara Kepala BPKAD Bone Drs.Andi Fajaruddin, M.M.dalam rilisnya mengatakan TPAKD itu sendiri lahir dari kondisi di masyarakat yang membutuhkan akses keuangan untuk keperluan pribadi, keluarga, maupun usaha.

Oleh karena itu, TPAKD sebagai forum koordinasi antar instansi dan stakeholders diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri berdaya saing dan sejahtera.

Sehari sebelumnya, Pemkab Bone juga menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas keberhasilannya Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Capaian Standard Tertinggi.

Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M. pada Jumat, 19 Oktober 2018 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Bupati Bone H.A.Fahsar M.Padjalangi dalam rilisnya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas penghargaan yang diterima “ini merupakan penghargaan pemerintah pusat kepada masyarakat Bone, atas kerja sama sinergitas yang baik antar seluruh komponen yang ada, dan merupakan cambuk semangat kepada kita semua untuk bekerja yang lebih baik lagi”

BAGIKAN