Jadwal Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Bone

1066

Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan rapat koordinasi terkait rencana kepulangan dan penyambutan Jamaah Haji tahun 2018. Rapat dipimpin Asisten 1 Setda Bone Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. A. Muhammad Yamin AT.,M.Si. di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Selasa 18 September 2018.

Rakor dihadiri Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bone Drs.H.M.Amin M.,M.H.I., Kabag Kesra Andi Khaikal,S.H., Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo dan Persandian, serta pejabat Polres Bone, Kodim 1407/Bone, dan pejabat Denpom XIV/Hasanuddin.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bone Drs. A. Muhammad Yamin AT.,M.Si. mengatakan, rapat koordinasi dilaksanakan bertujuan untuk membahas persiapan teknis kepulangan dan penyambutan jamaah haji Kabupaten Bone.

“Rapat ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang baik antara seluruh panitia guna menyukseskan dan memuluskan layanan kepulangan dan penyambutan jamaah haji yang tergabung dalam kloter 31 dan 33 embarkasi Makassar” Ungkapnya.

Lanjutnya, mengatakan seluruh panitia agar mempersiapkan diri menjelang kepulangan jamaah haji ke tanah air. Segala sesuatu yang menyangkut transportasi, akomodasi, keamanan dan lainnya dapat direncanakan dengan matang agar pemulangan berjalan dengan lancar.

Selain itu, yang perlu mendapat perhatian adalah kenyamanan jamaah haji, termasuk keamanan penjemput / keluarga jamaah haji yang akan memadati Masjid Al Markaz Al Ma’arif, karena momentum pemulangan jamaah haji sering dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan tindakan kriminal seperti pencopetan atau penjambretan.

“Berikanlah pelayanan yang ramah dan baik kepada jamaah haji maupun bagi keluarga penjemput, agar mereka merasa aman dan nyaman selama berada di areal masjid dan dalam perjalanan pulang hingga tiba di rumah masing-masing” tutupnya.

Untuk diketahui, Jamaah haji kloter 1 Bone dijadwalkan mendarat di Tanah Air pada Sabtu 22 September 2018 pukul 11.00 Wita dan tiba di Kabupaten Bone pada pukul 21.00 Wita.

Jamaah haji yang tergabung dalam kloter 31 Embarkasi Makassar berjumlah 449 orang. Kloter ini semula berjumlah 450 orang, namun ke-1 orang jamaah dipulangkan terlebih karena menderita sakit.

Sementara itu,rencana kepulangan jamaah haji kloter ke-2 Bone dijadwalkan mendarat di Makassar pada Senin, 24 September 2018 pukul 05.10 Wita dan Insya Allah tiba di Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif Watampone pada pukul 15.10 Wita.

Data terakhir dari Kemenag Kabupaten Bone, Jamaah Haji yang tergabung dalam kloter ke-33 Embarkasi Makassar berjumlah 310 jamaah. Kloter ini semula berjumlah 311 orang, saat kepulangan berkurang 1 orang jamaah asal Kecamatan Salomekko atas nama Andi Menteng Pt. Lebbi (65 tahun) karena meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi.

BAGIKAN