Hari ini, ANRI Serahkan Aplikasi SIKD ke Pemkab Bone

453
Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Aplikasi SIKD oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Dr.H.Andi Kasman, S.E.,M.M., dan Penjabat Bupati Bone Ir.H.Andi Bakti Haruni,C.E.S., di Gedung Latea Riduni Watampone, Kamis, 30 Agustus 2018

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyerahkan Aplikasi berbasis Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Kabupaten Bone.

Berita acara penandatanganan serta penyerahan aplikasi tersebut diserahkan langsung  Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Dr.H. Andi Kasman, S.E., M.M. kepada Penjabat Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. yang didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Drs.H.A.Pahrum Pawi, M.T.P., di Gedung Latea Riduni Watampone Kamis, 30 Agustus 2018.

Software Aplikasi SIKD ini nantinya akan dikirim ke Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bone pada bulan Oktober 2018 mendatang

Kegiatan ini dihadiri para Staf Ahli Bupati Bone, para Asisten Setda Bone, dan pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone. Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan Prov.Sulsel Irwan, S.Sos.,M.A.P., Kasi Pembinanaan SDM Kearsipan Prov.Sulsel Hamrani Hambali,M.A.P

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Dr.H.Andi Kasman, S.E, M.M. menjelaskan, bahwa arsip merupakan aset dalam bentuk dokumen yang sangat penting.

Olehnya itu menurut Andi Kasman, dengan adanya Aplikasi SIKD ini akan menampung seluruh data yang bersifat dinamis mengenai aktivitas pemerintahan mulai dari desa hingga pemerintah kabupaten.

Andi Kasman menelaskan, bahwa arsip berfungsi sangat penting sebagai alat penyimpanan warkat, alat bantuan perpustakaan, penyimpanan warkat-warkat terhadap keputusan yang telah diambil.

Oleh karena itu, Kersipan berarti menyimpan secara tetap dan teratur warkat-warkat penting mengenai kemajuan suatu organisasi.

Ia menjelaskan, untuk aplikasi sistem informasi arsip dinamis (SIKD) tersebut merupakan Sistem Pengolahan Arsip berbasis Teknologi Informasi yang berbasis web sehingga bisa diakses oleh publik.

Oleh karena itu, Aplikasi SIKD ini adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi untuk mendukung pelaksanaan e-governance yaitu pemerintahan yang berbasis elektronik.

Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Dr.H. Andi Kasman, S.E, M.M. yang juga putra Bone ini berharap Penggunaan aplikasi bantuan ANRI ini akan mempermudah pengelolaan arsip yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bone.

Ia berharap ke depannya setiap SKPD punya paling tidak memiliki dua tenaga arsiparis.

Untuk diketahui,Dr.H.Andi Kasman, S.E.,M.M. lahir di Mare-Bone, 30 Agustus1965, meraih doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran Bandung.

Sebagai ASN kini menjabat sebagai Deputi Pembinaan Kearsipan (pimpinan Tinggi Madya Eselon I A). Dan sebagai jabatan profesi ia menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI).

Diakhir sambutannya, Andi Kasman sempat melontarkan pesan Bugis ” DUAMI KUALA SAPPO UNGANNA PANASAE BELO KANUKUE Artinya : Ada  dua unsur yang melekat dalam diri Orang Bugis “Unganna Panasae = LEMPU / Lurus dan “Belo Kanukue” pacci-paccing / Bersih  (SAPPO = artinya PAGAR ).

“Bone adalah representasi Bugis, mari kita pelihara bersama termasuk teks sejarah dan obudayanya dengan menggunakan teknologi,” tutupnya

Sementara itu, Penjabat Bupati Bone, mengapresiasi dan menyambut baik penyerahan aplikasi tersebut, sehingga akan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan arsip.

“Kita berterima kasih kepada ANRI, dan mudah-mudahan kita bisa lebih baik lagi dalam mengelola arsip di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone ini,” ungkap Andi Bakti Haruni.

Menuru Pj. Bupati, Jadi arsip itu tidak semata tugas ANRI tapi juga menjadi tugas daerah dengan melakukan berbagai inovasi.

“Aplikasi bantuan Anri ini adalah aplikasi untuk mengelola arsip dinamis. Karena itu perlu SDM dan sosialisasi penggunaannya” harap Pj. Bupati Bone.

Penjabat Bupati Bone mengatakan, dengan adanya aplikasi bantuan ANRI ini berarti menambah jajaran aplikasi guna mendukung e-governance, yaitu pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone. “Olehnya itu peliharalah dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Karena pentingnya arsip ini, Pj. Bupati juga menjanjikan untuk pembangunan Depo Arsip Kabupaten Bone untuk tahun 2019.