Forkopimda Bone Gelar Apel Kamtibmas Tiga Pilar

298

Penjabat Bupati Bone menghadiri Apel Tiga Pilar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Mapolres Bone. Apel diikuti Forkopimda, Forkopimcam, dan ratusan personel gabungan TNI, Polri, Jumat 8 Juni 2018.

Apel Kamtibmas Tiga Pilar tersebut mengangkat tema, yaitu Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018/2019.

Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, S.H.,S.I.K., M.Si. menjelaskan, bahwa Melalui terobosan Promoter diharapkan pelayanan Polri terhadap masyarakat akan semakin baik.

Promoter adalah akronim dari Profesional, Modern, dan Terpercaya merupakan terobosan Polri yang bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Terutama di tengah perkembangan kejahatan yang berbasis Teknologi Informasi. Di tengah tuntutan masyarakat yang semakin komplek dan sadar hukum.

Adapun penjabaran motto Promoter Polri adalah :

  1.  Profesional, yaitu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.
  2. Modern, yaitu melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern.
  3. Terpercaya, yaitu melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Lanjut Kapolres Bone, bahwa keberadaan tiga pilar kamtibmas merupakan salah satu agenda yang diharapkan agar mampu melakukan kerja secara professional terutama dalam mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang datangnya baik dari dalam maupun luar, sehingga permasalahan yang berkembang dapat diantisipasi sedini mungkin.

Sementara, Penjabat Bupati Bone Ir.H.Andi Bakti Haruni,C.E.S. mengatakan, bahwa apel tiga pilar Kamtibmas ini sangat penting, karena salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Bone dan aparat dalam rangka mewujudkan sinergitas guna menjaga kamtibmas yang kondusif terutama menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018.

Dikatakannya, masalah keamanan dan ketertiban di daerah ini bukanlah semata-mata tugas aparat, tetapi menjadi tugas bersama seluruh komponen masyarakat yang ada sesuai dengan kemampuan dan proporsi masing-masing.

Penjabat Bupati Bone juga mengimbau kepada warga masyarakat Bone agar senantiasa merapatkan barisan dan menyatukan langkah dalam mencegah dan mengatasi gangguan keamanan yang terjadi.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar waspada dan mampu menyikapi dengan cerdas dan bijak terhadap isu-isu yang terjadi di media sosial saat ini, cerdaslah memanfaatkannya.

Sementara itu , Pasi Intel Kodim 1407 Bone Kapten Inf. Andi Usmi dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa apel tiga pilar dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 khususnya di Kabupaten Bone.

Lanjutnya, bahwa kamtibmas di Indonesia merupakan salah satu langkah untuk menegakkan dan menjaga kedaulatan NKRI. Olehnya itu, dibutuhkan sinergitas, solidaritas dan peran seluruh pihak dalam rangka mewujudkan keamanan serta potensi gangguan keamanan yang terjadi.

Menyikapi berbagai potensi kerawanan yang terjadi akhir-akhir ini yang menimbulkan keprihatinan bersama tersebut seperti aksi terorisme diberbagai wilayah di Indonesia hendaknya menjadi pelajaran berharga agar selalu waspada dalam setiap kesempatan.

Oleh karena itu, sebagai penjaga kamtibmas, peran tiga pilar kamtibmas, harus saling bersinergi dalam mendeteksi dini terhadap gangguan kamtibmas terutama bahaya radikalisme dan aksi terorisme di daerah masing-masing.

Apel Kamtibmas Tiga Pilar yang dilanjutkan Buka Puasa Bersama tersebut dihadiri Ketua DPRD Bone Drs.A. Akbar Yahya,M.M., Sekda Bone H.A.Surya Darma,S.E.,M.Si., Kepala Kesbangpol Bone Dray Febrianto, Camat, Kapolsek, Danramil, serta tamu undangan lainnya.

Foto Selengkapnya