Dosen STKIP Muhammadiyah Bone Ikut Pelatihan Verifikator SINTA

684

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menggelar Pelatihan Verifikator SINTA(Science and Technology Index) Tahun 2018.

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Arthama Makassar, Kamis 26-27 April 2018 diikuti sebanyak 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Sulawesi.

STKIP Muhammadiyah Bone mengutus Marlia Rianti,S.Pt.,M.M.,M.Si.dan satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Bone yang ditunjuk mengikuti kegiatan tersebut.

Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti, Dr. Sadjuga

Tujuan Pelatihan Verifikator SINTA ini untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pendaftar penulis di Science and Technology Index (SINTA), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti, Dr. Sadjuga, M.Sc., dengan Narasumber Dr. Ir. Darmawan, M.P.(Direktur Politani Pangkep), Dr. Ir. Dahlia, M.P.(Ketua P3M Politani Pangkep), Prof. Tole Sutikno (Founder SINTA), dan Dr.Deden Sumirat Hidayat (LIPI).

Prof. Tole Sutikno (Founder SINTA)

Dalam Pelatihan Verifikator SINTA tersebut peserta disuguhi materi tentang penyamaan persepsi terkait dan fasiltasi, Panduan teknis verifikasi data dosen, serta pembinaan terhadap verifikator di setiap perguruan tinggi.

Dalam pelatihan ini, sekaligus melakukan pemilihan Koordinator Wilayah bagi seluruh PTN dan PTS yang ada di Sulawesi, yang nantinya akan bertugas sebagai penyambung komunikasi antara verifikator wilayah dengan pengelola SINTA Kemenristekditki.

Dari hasil pemilihan itu, Dr. Ir.Muhammad Arsyad,S.P.,M.Si.,Ph.D. dosen Universitas Hasanuddin terpilih sebagai koordinator wilayah Sulawesi.

Seperti diketahui, Untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi, pihak Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) membuka peluang bagi Dosen dan Peneliti di seluruh Indonesia untuk menulis jurnal yang dapat diakses di Portal SINTA (http://sinta2.ristekdikti.go.id)

Penulis dan Jurnal yang memiliki publikasi serta sitasi terproduktif akan diberikan Penghargaan Kekayaan Intelektual SINTA pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Daftar Perguruan Tinggi yang mengikuti Pelatihan Verifikasi SINTA  dapat dibuka di SINI

BAGIKAN