Pj.Bupati Bone Pimpin Upacara Peringatan Hari Otoda ke-22 Tahun 2018

436

Pemkab Bone menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati, Bone, Senin 30 April 2018.

Peringatan Hari Otonomi Daerah kali ini mengambil tema “mewujudkan nawa cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”.

Penjabat Bupati Ir.H.Andi Bakti Haruni,C.E.S. bertindak selaku pemimpin upacara, membacakan amanat Menteri Dalam Negeri.

“Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat,” jelasnya.

Lanjutnya”Selain itu, penyelenggaraan otonomi yang bersih merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proses demokrasi. karena itu menjadi syarat mutlak bagi pembangunan yang menyeluruh dan berimbang,”.

Dalam amanatnya juga, memberikan keluasan bagi daerah untuk melakukan inovasi karena ini sebagai peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintahan daerah.

Adapun 3 hal ditekankan dalam peringatan hari otonomi daerah ke-22 tahun 2018, yakni,

Penjabat Bupati Ir.H.Andi Bakti Haruni,C.E.S. bertindak selaku pemimpin upacara, membacakan amanat Menteri Dalam Negeri.

Pertama, integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah merupakan hal yang harus di kedepankan.

Kedua, menjadi perhatian dan komitmen kita bersama yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih.

Ketiga, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah harus terus menjadi prioritas utama kebijakan di semua level pemerintah daerah.

Lebih jauh lagi, mengingatkan bahwa pada tahun 2018 ada 2 peristiwa besar dan pentingg. Pertama, adalah penyelenggaraan pilkada serentak pada 27 juni 2018, pada 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota.

Berkaitan dengan hal tersebut, ASN untuk menjaga netralitas selama pilkada berlangsung. Kedua, adalah penyelenggaraan Asean Games ke-18 pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang.
Berkaitan dengan hal ini pemerintah memohon doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia agar even besar ini berlangsung lancar dan sukses.

Diharapkan peringatan hari otonomi daerah ini menjadi momentum bagi kita mengevaluasi sudah sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara kepada kesejahteraan masyarakat di setiap jengkal wilayah NKRI.

Upacara dihadiri diantaraya Sekda Kab.Bone, Para Staf Ahli Bupati Bone, Para Asisten Setda Bone, Para Kepala SKPD Kab.Bone, Para Kabag Setda Bone, dan ASN di Lingkungkungan Pemkab Bone.

Foto selenglapnya Buka di SINI

BAGIKAN