Upacara Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tingkat Kabupaten Bone

733

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN)di Lapangan Merdeka Watampone, Kamis 26 April 2018. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim,S.H.,S.I.K., M.Si.

Adapun Tema pada Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2018, yaitu “SIAGA BENCANA DIMULAI DARI DIRI KITA, KELUARGA, DAN KOMUNITAS”

Kapolres Bone dalam sambutannya, mengatakan “Diri kita, keluarga dan komunitas merupakan elemen terdepan dalam menghadapi bencana. Kesiapsiagaan yang melekat pada elemen tersebut menjadi pondasi ketangguhan negara terhadap bencana”

Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak semua pihak agar selalu siaga secara serentak menghadapi datangnya bencana ”

Oleh karena itu, lanjut Kapolres “Dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana,diharapkan bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Bone yang Tangguh Bencana”

Menurut Kapolres jika kesiapsiagaan bencana masyarakat masih rendah. Hal ini disebabkan kesadaran bencana di kalangan  masyarakat masih rendah termasuk kurangnya pemahaman dan kurang waspada menghadapi ancaman bencana.

“Olehnya itu, perlu ada publikasi, pelatihan terpadu dan periodik termasuk revolusi gerakan kebersamaan masyarakat dan budaya tangguh bencana,” kata kapolres

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bone H.Bahar Kadir,S.H.,M.H. menjelaskan, bahwa Melalui HKB 2018, setiap individu dapat membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak.

“Dan ini bagian revolusi mental dari upaya untuk mengubah perilaku masyarakat menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan, meningkatkan kemampuan seluruh komponen pemerintah organisasi masyarakat dan individu,” jelasnya.

Menurutnya, dengan tema siaga bencana dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas, dan yakinlah, kami dari BPBD Bone berupaya melakukan penanggulangan bencana meskipun itu nyawa taruhannya. “Namun kami perlu dukungan dari seluruh komponen dan masyarakat Bone,” tutupnya.

Acara dilanjutkan seluruh forkopimda, dan elemen masyarakt melakukan penadatanganan “Pernyataan Dukungan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2018 Kabupaten Bone”

Acara yang berlangsung sukses ini dihadiri forkopimda, Pejabat SKPD, TNI,Polri, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bone
Dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, kepala OPD, Satgas Damkar Bone, ASN, Tenaga Kesehatan, PMI Bone, serta kalangan Pelajar dan Mahasiswa.

Foto Selengkapnya buka di SINI

Data daerah Rawan Bencana di Kabupaten Bone, Buka di SINI

Website BPBD BONE Klik di SINI

BAGIKAN