Penjabat Bupati Bone Hadiri Tudang Sipulung di Desa Poleonro Kecamatan Lamuru

316

Penjabat Bupati Bone, Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. menghadiri acara Tudang sipulung Tingkat Kabupaten Bone di Desa Poleonro Kecamatan Lamuru, Kamis 26 April 2018. Tudang Sipulung ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Musim Tanam April-September 2018.

Tujuan Tudang Sipulung yang sudah menjadi budaya Bugis tersebut selain fungsi silturahmi juga untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi para petani serta hal-hal yang mungkin bisa terjadi khususnya menghadapi Musim Tanam April-September 2018.

Acara Tudang Sipulung tersebut dihadiri ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Bone, Distributor Pupuk, Penyuluh Pertanian Lapangan, Bapak/Ibu Tani, Tokoh Masyarakat, dan Warga setempat.

Adapun hal-hal yang dibicarakan yaitu, Waktu tanam, ketersediaan pupuk, penekanan distributor dan Pengecer pupuk harus memperhatikan kebutuhan para petani, sehingga para stakeholder harus menyatukan persepsi.

Selain itu, para Kelompok Tani dan PPl Pertanian di daerah masing-masing mengawal program pemerintah untuk mengarahkan dan membimbing para petani, yaitu menanam padi tidak boleh menghambur akan tetapi harus dengan cara ditanam agar hasilnya lebih maksimal.

Sementara Pj Bupati Bone, dalam sambutannya mengatakan, Ada 2 cara produksi padi yang efisien dan efektif, pertama Intensifikasi yakni, kita menggarap lahan yang ada dengan pemanfaatan teknologi. Kemudian yang kedua Eksentifikasi, yaitu memperluas lahan.

Pertama, Intensifikasi, yakni salah satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada. Ini bisa ditempuh dengan cara kita menggarap lahan yang ada dengan pemanfaatan teknologi.

Kedua, Eksentifikasi, yaitu perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Misalnya membuka semak belukar dan hutan, daerah sekitar rawa-rawa.

Namun menurutnya, hal ini dilakukan apabila lahan pertanian yang tersedia dianggap tidak mampu lagi mendukung penyediaan produksi yang diharapkan. Karena ekosistem lainnya tetap kita harus jaga.

Pj Bupati Bone A.Bakti Haruni juga mengharapkan, semoga tahun depan produksi padi di daerah ini akan meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone Ir.H.Sunardi Nurdin,M.Si.yang disambut forkopimcam Lamuru, Pejabat terkait. Disambut tarian yang dibawakan oleh dara-dara manis dari Desa Poleonro Kecamatan Lamuru.

Foto Selengkapnya di SINI