Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab. Bone Drs. Andi Amran, M.Si Saat Membuka Bimtek dan Sosialisasi Penginputan Data SIPD Kab.Bone, Selasa 10 April 2018

Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pengimputan Data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) kabupaten Bone dilaksanakan di Aula Masjid Al-Markaz Al-Ma’rif Watampone,Selasa 10 April 2018.

Giat ini dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone dengan tujuan meningkatkan pemahaman Perangkat Daerah Kabupaten Bone akan pentingnya kebutuhan data sektoral dalam perencanaan pembangunan.

Kepala Dinas Informatika dan Persandian Kab.Bone Drs.Andi Amran, M.Si.menjelaskan bahwa untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, maka setiap penyusunan perencanaan harus menggunakan data dan informasi yang terintegrasi, sektoral, valid, dan terbaru.

Dijelaskannya, ” Data dan informasi merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta bahan penentu dalam perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah,”

“Tanpa data dan informasi yang akurat, maka perencanaan yang disusun tidak tepat sasaran, salah prioritas, salah kebijakan, dan rentan pemborosan anggaran,” jelas Andi Amran saat membuka acara tersebut.

Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri telah melakukan perubahan struktur database dalam aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang disesuaikan dengan pembagian urusan pemerintahan daerah, yakni kelompok data wajib, data pilihan dan data umum.

Selain sosialisasi, peserta bimtek juga disuguhi materi cara penginputan data pada aplikasi yang terkait data Lampiran LPPD, Lakip, dan pelaporan lainnya.

Giat ini merupakan keseriusan Pemerintah Daerah untuk menjadikan data dan informasi di daerah sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan dan data sektoral tahun 2018.

SIPD merupakan alat bantu penyediaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah, penyusunan Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi pembangunan daerah secara Elektronik. Di mana Pengembangan aplikasi SIPD memuat 4 bagian, yaitu (e-Database, e-Planning, e-Budgeting, dan e-Monev).

Subhan Sahabuddin,S.S. Kasi Operasional Persandian pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, menjelaskan, bahwa untuk kepentingan data sektoral kabupaten Bone tahun 2018, tengah merampungkan Sistem Database Desa dan Kelurahan (SDDK).

Menurutnya, di mana Sistem itu (SDDK) disebutnya dengan menggunakan bahasa kearifan lokal agar lebih mudah diingat, yakni SITASEK yang memuat seluruh data-data penting yang ada di desa dan kelurahan di kabupaten Bone.

“SITASEK akronim dari Sistem Database Desa dan Kelurahan yang sementara dalam penyelesaian ini juga salah satu terobosan dan inovasi pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone,” tutur Pak Subhan

Bimtek dan Sosialisasi ini dihadiri pimpinan SKPD, Kepala BPS Kab.Bone, Kepala BPN dan ATR Kab.Bone, Camat se-Kabupaten Bone, dan Tim SIPD Kab.Bone.