Rakor Indentifikasi Barang Kebutuhan Pokok Masyarakat Menjelang Puasa dan Idul Fitri 1439 H / 2018 M

327

Penjabat Sementara Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. menghadiri Rakor Indentifikasi Barang Kebutuhan Pokok Masyarakat Menjelang Puasa dan Idul Fitri 1439 H / 2018 M di Baruga Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 5 April 2018.

Rapat koordinasi dipimpin Gubernur Sulsel Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,S.H.,M.H.,M.Si. yang dihadiri seluruh Bupati/Walikota, BUMN, serta Produsen dan Distributor bahan kebutuhan pokok.

Rakor yang mempertemukan pemerintah daerah dan para pemangku tersebut bertujuan untuk mendeteksi secara awal kondisi harga kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018.

Gubernur dalam dalam sambutannya mengatakan, sejak awal, masalah stok dan harga harus jelas, sehingga jika ada masalah pihaknya bisa segera mengambil langkah taktis yang dibutuhkan.

“Misalnya, biasanya yang bersoal itu kan BBM atau Elpiji, jadi dari awal kita melakukan `setting` kalau kita semua waspada, masalah bisa diantisipasi,” ujarnya.

Lanjut Syahrul, kita harus memastikan dengan mengontrol terhadap ketersediaan stok penyangga dan kelancaran distribusi. Sementara mengenai fluktuasi harga, hal itu biasa terjadi, sepanjang masih dalam batas yang wajar. “Ini kan kesempatan buat pedagang juga untuk mendapatkan keuntungan,” imbuhnya.

Pihak pemprov, akan menentukan batas toleransi kenaikan harga dan langkah intervensi apa yang dilakukan sesuai dengan kenaikan yang terjadi di lapangan. Misalnya apakah perlu dilakukan operasi pasar, atau cukup dengan menggelar pasar murah.

“Selama sepuluh tahun ini tetap konsisten dijaga oleh pemerintah provinsi, para bupati, walikota, dan Alhamdulillah tidak pernah ada gejolak, dan itu karena ada kebersamaan para produsen dan distributor juga BUMN,” pungkas SYL.