Pemkab Bone Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2018

609

Pemerintah Kabupaten Bone menerima penghargaan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) kategori kabupaten tingkat Sulawesi Selatan Tahun 2018.

Penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang diterima oleh Kepala Bappeda Bone, Drs.H.Abu Bakar,M.M.

Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Bappenas, serta sejumlah Bupati dan Kepala Bappeda se-Sulawesi Selatan, di Grand Clarion Makassar, Rabu 28 Maret 2018.

Penilaian Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Sulawesi Selatan tersebut, Peringkat I diraih Kabupaten Gowa disusul Kabupaten Sinjai pada peringkat II.

Kepala Bappeda Kabupaten Bone, Drs.H.Abu Bakar,M.M. menjelaskan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) rutin dinilai tiap tahun oleh tim Provinsi, di dampingi tim ahli dari Akademisi.

Adapun indikator penilaian ini meliputi Sistematika Penulisan, Kesesuaian Program Nasional – Provinsi dan Kabupaten, Rangkaian dan Proses Perencanaan, Capaian Program atau Kegiatan dalam RPJM, serta inovasi-inovasi program lainnya.

Kepala Bappeda Bone Usai Menerima Penghargaan, Rabu 28 Maret 2018

Selain itu, beberapa kriteria yang harus dilalui pada pelaksanaan musrenbang, yaitu mulai dari sinkronisasi musrenbang desa, kecamatan, Forum, Musrenbang Kabupaten, dokumen RKPD dan tahapan wawancara, presentasi rencana dan proses penyusunan RKPD.

Kemudian ketaatan dalam menyusun program dan kegiatan sesuai runtutan tahapan teknik dan penguasan materi, serta persentasi pada saat evaluasi. Itulah beberapa poin penting dalam penilaian.

Apresiasi perencanaan pembangunan ini merupakan penghargaan kedua yang diraih Kabupaten Bone, di mana pada Tahun 2015 juga mendapatkan Penghargaan Pangripta Nusantara dari Bappenas.

Usai penerima penghargaan, H.Abu Bakar mengatakan, bersyukur dan bangga Kabupaten Bone bisa meraih predikat Terbaik III di bidang perencanaan pembangunaan daerah tahun 2018.

“Pengharagaan yang kita raih ini merupakan kerja sama semua pihak, khususnya dukungan masyarakat Kabupaten Bone,” kata Drs.H.Abu Bakar,M.M.

BAGIKAN