Forkopimda Bone Ziarah Ke Makam Raja Bone Arung Palakka

2078

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bone Rr.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone ziarah ke makam Raja Bone ke-15 La Tenritatta, Sultan Saaduddin, Arung Palakka yang terletak di di jalan Bonto Biraeng, Katangka, somba opu, Kabupaten Gowa, Kamis 22 Maret 2018.

Arung Palakka Raja Bone ke-15 yang memerintah pada tahun 1672-1696 dikenal sebagai sosok pejuang Bugis, di mana Beliau mampu membebaskan rakyat Bugis dalam cengkeraman dan penjajahan kerajaan lain di masa lalu. Karena itu Beliau juga dikenal sebagai Pahlawan Kemanusiaan.

Ziarah ke makam raja-raja Bone merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahunan dalam menyambut peringatan Hari Jadi Bone. Ziarah ini bertujuan untuk menghargai dan mengenang perjuangan para pendahulu dalam mempertahankan Tanah Bone di masa lalu.

Pada kesempatan ini, Pjs Bupati Bone mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Gowa Adnan Purichta Iksan dalam acara tersebut.

Andi Bakti juga menambahkan Gowa tidak bisa dipisahkan dengan Bone, hanya VOC lah yang selalu menghadirkan politik adu domba antara kedua kerajaan besar ini.

Sementara Kadis Kebudayaan Kabupaten Bone H.A.Promal Pawi, mengatakan, Alhamdulillah, kehadiran Bupati Gowa adalah pertanda hubungan Bone dan Gowa sangat harmonis.

A.Promal juga mengharapkan ke depannya agar acara seperti ini sebaiknya dihadiri dari pihak kerajaan Gowa, “karena agenda ziarah tidak hanya di makam Arung Palakka tetapi kita juga menziarahi makam Sultan Hasanuddin, karena berada dalam satu kompleks” ungkapnya.

Turut Hadir dalam giat tersebut, para Assisten, Staf ahli, Kepala SKPD/OPD, Kepala Bagian, dan Camat se-Kabupaten Bone.

Selain makam Arung Palakka, Forkopimda Bone pada hari Jumat 23 Maret 2018 juga akan mengunjugi makam Raja Bone yang yang ada di Bantaeng, Raja Bone ke-11 yaitu La Tenriruwa, Sultan Adam, Matinroe ri Bantaeng, yang memerintah pada tahun 1611-1616.
La Tenriruwa dikenal sebagai Raja Bone yang pertama-tama memeluk Agama Islam, setelah Ratu Bone ke-10 We Tenrituppu Matinroe ri Sidenreng yang memerintah pada tahun 1602-1611.

Jadwal Kegiatan lainnya dalam rangka peringatan Hari Jadi Bone Tahun 2018 silakan BUKA DI SINI

BAGIKAN