Penjabat Sementara Bupati Bone Hadiri Ultah Satpol PP dan Satlinmas

813

Peringatan HUT ke-68 Satpol PP dan HUT ke-56 Satlinmas tahun 2018 tingkat provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan di Lapangan Prayuda Malino, Kabupaten Gowa, Senin 19 Maret 2018.

Upacara dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Selatan Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,S.H.,M.H.,M.Si. yang dihadiri Pjs Bupati Bone Ir.H.Andi Bakti Haruni, C.E.S., Bupati/Walikota, serta Kasatpol PP se-Sulsel.

Sambutan seragam Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh gubernur Sulawesi Selatan. Adapun Tema hari jadi ke-68 Satpol PP dan hari jadi ke-56 Satlinmas kali ini adalah “Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018”.

Lanjut gubernur, Tema ini mengandung arti, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.

“Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” kata gubernur.

Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugasnya, harus tetap berpedoman pada aturan yang ada. Pedoman yang dimaksud, Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

Sejarah singkat Polisi Pamong Praja terbentuk 3 Maret 1950, di Yogyakarta. Motto dari Satuan ini adalah praja wibawa yang diartikan sebagai sarana yang dibawahi pemerintah daerah untuk menjaga ketertiban umum dan penegakan Perda.

Demikian antara lain sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibacakan oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Akhir sambutannya, Syahrul Yasin Limpo berpesan kepada seluruh peserta upacara dan Tamu Undangan. Syahrul berpesan, 10 tahun kita bersama-sama mengawal pemerintahan tanpa adanya pergolakan maupun bencana yang signifikan.

“Ini upacara ke 10 dan terakhir saya sebagai gubernur. Kalian membuat saya bangga hari ini. Tegak luruslah atas nama pemerintah, terima kasih atas upacara hari ini saya bangga” kata Syahrul.

“Anak-anakku semua, Satuan Polisi Pamong Praja yang saya cintai, saya bangga kepada kalian. Kinerja kalian luar biasa. Kerja kalian hebat. Saya bangga menjadi Gubernur kalian selama 10 tahun,” ujarnya.

Kegiatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tersebu sejumlah kegiatan yang dilakukan, di antaranya Lomba Defile, Lomba Perkemahan, dan Lomba Yel-Yel Satuan Polisi Pamong Praja.

Diakhir acara Gubernur Sulsel menyerahkan piagam penghargaan Satpol PP teladan, Satlinmas Teladan dan Petugas Tindak Internal terbaik kepada 24 Kabupaten Kota yang diterima Kasat masing-masing atau yang mewakili.

BAGIKAN