Bupati Bone Membuka Diklat Prajabatan CPNS Golongan II dan III

178

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. membuka secara resmi penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan bagi CPNS golongan II dan III lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone, di Hotel Wisata, jalan Jendral Sudirman, Watampone, 6 Februari 2018.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bone, Drs.H.Andi.Islamuddin dalam laporannya, bahwa peserta Diklat Prajabatan adalah CPNS Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian, dengan jumlah peserta 171 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 164 perempuan.

Kegiatan Diklat Prajabatan ini terselenggara atas kerja sama Pemkab Bone dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan.

Adapun dasar pelaksanaan Prajabatan ini adalah Peraturan Kepala LAN Nomor 16 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perka LAN Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I, II, dan atau Golongan III Yang Diangkat Dari Tenaga Honorer Kategori 1 dan atau Kategori 2, dan perundangan lainnya.

Tujuan Pelaksanaan Diklat Prajabatan, yaitu guna membentuk sosok PNS yang profesional yakni PNS yang memiliki karakter yang terbentuk oleh nilai dasar profesi PNS sehingga ia mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Sementara Bupati Bone dalam sambutannya, Aparatur Sipil Negara adalah aparat pemerintah yang harus menjadi contoh dan teladan. Di mana dituntut memiliki disiplin yang tinggi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Diklat prajabatan merupakan syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS. Dalam ketentuannya, CPNS wajib diikutsertakan dalam Diklat Prajabatan selambat-lambatnya 2 tahun sejak TMT pengangkatan CPNS.
.
Bupati Bone juga berharap kepada peserta Diklat untuk mengikuti dengan baik semua materi dan rangkaian kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia.

Sementara Kepala BPSDM Sulawesi Selatan Ir.H.Imran Jausi mengharapkan, Diklat Prajabatan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjadi aparat yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh sebagai aparat yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Adapun mata Diklat dalam Prajabatan ini, di antaranya adalah Tahap Internalisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS.

Mata Diklat untuk tahap ini adalah:
a. Akuntabilitas PNS;
b. Nasionalisme;
c. Etika Publik;
d. Komitmen Mutu; dan
e. Anti Korupsi.

Kemudian Tahap Aktualisasi Nilai–Nilai Dasar Profesi PNS yang meliputi :
a. Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS;
b. Rencana Kerja Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS;
c. Pembimbingan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS di tempat tugas/tempat magang; dan
d. Evaluasi Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi PNS

Serta Ceramah Umum/ Muatan Teknis Substansi Lembaga

Turut hadir pada acara pembukaan diklat prajabatan, di antaranya, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala SKPD lingkup Pemkab Bone, dan undangan lainnya.

BAGIKAN