Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kabupaten Bone

400

Perayaan hari disabilitas internasional merupakan peringataan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.
Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, mendapatkan hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Asisten 2 Setda Bone Bapak Andi Gunadil Ukra pada Peringatan Hari Disabilitas, 1 Desember 2017

Pada tanggal 1 Desember 2017 YASMIB Sulawesi menyelenggarakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Lapangan Merdeka Watampone, dihadiri lebih 200 peserta disabilitas Kabupaten Bone.

Acara ini dihadiri diantaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, serta yang mewakili Bapak Bupati Bone yaitu Andi Gunadil Ukra (Asisten 2, Bidang Ekonomi, Pembagunan Setda Bone). Dihadiri juga 9 Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kabupaten Bone, Media, dan NGO/LSM di kabupaten Bone.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 7.00 Wita diawali dengan jalan santai dengan rute keliling Lapangan Merdeka Watampone, selanjutnya kembali ke podium lapangan merdeka.

Dalam sambutan Asisten 2 Setda Bone, Andi Gunadil Ukra, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone sangat mendukung apapun kegiatan penyandang disabilitas di Bone, tidak ada boleh dibeda-bedakan karena kita yang non disabilitas dan disabilitas semua sama.

” kita adalah saudara, dan masalah pelayanan Pemerintah Kabupaten Bone akan mengupayakan lebih maksimal lagi untuk pelayanan yang lebih ramah terhadap disabilitas kabupaten Bone,” ujar Andi Gunadil Ukra.

Acara dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama. Diharapkan setelah adanya komitmen dari BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone bisa memberikan pelayanan yang ramah disabilitas menuju Kabupaten Bone inklusif/

Adapun komitmen bersama yang isinya sebagai berikut :

1.Memastikan penyediaan data Penduduk Desa Inklusif melalui aplikasi SDDK (Sistem Database Desa/Kelurahan) di Kabupaten Bone.
2.Mengintergrasikan isu gender dan disabilitas dalam proses perencanaan dan penganggaran pembangunan desa dan daerah.
3.Mempercepat pemenuhan layanan yang inklusif bagi disabilitas di desa/kelurahan dan kabupaten
4.Mempercepat terwujudnya desa inklusif bagi disabilitas di semua desa/kelurahan di Kabupaten Bone.

Kontribusi :  YASMIB Sulawesi

BAGIKAN