Buka Puasa Bersama di Rujab Bupati Bone

Jumat, 9 Juni 2017. Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi bersama Wakil Bupati H.Ambo Dalle Buka Puasa bersama Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Kepala KUA se-Kabupaten Bone. Selain itu pimpinan Parpol, para anggota KPPG, Anggota AMPG, Rekan-rekan Wartawan dari Media Cetak dan Elektronik se-Kabupaten Bone, serta tamu undangan lainnya.

Buka Puasa Bersama yang digelar di halaman Rujab tersebut berlangsung dalam suasana penuh kedamaian dan rasa persaudaraan, sehingga memunculkan aura kebersamaan di Bulan Suci Ramadan 1438 H / 2017 Masehi.

Budaya buka puasa bersama sekaligus silaturrahim sangat baik. Setidaknya melalui medium buka puasa bersama di bulan Ramadan mempunyai hikmah dan manfaat, antara lain :

  1. Menjalankan perintah silaturrahim sesuai yang tercantum di dalam Alqur’an Surat An-Nisa, ayat 1, yang artinya: ” Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu “
  2. Mendekatkan dan mengakrabkan hubungan antara satu dengan yang lain.
  3. Mencairkan hubungan yang tegang antara satu dengan yang lain. Karena perbedaan kepentingan terjadi perbedaan pendapat dan bahkan perselisihan. Melalui medium “bukber” bisa bertemu, hubungan menjadi cair dan baik kembali.
  4. Membuka komunikasi dengan pihak lain, karena di dalam buka puasa bersama, tidak ada sekat atau pembatas. Semuanya bisa saling bersapa, duduk bersama sambil berbincang dan buka bersama.
  5. Membangun hubungan baru dengan pihak lain yang mungkin hanya dengar, baca dan nonton di TV. Melalui bukber, bisa bertemu dan saling mengenal.
  6. Memelihara hubungan silaturrahim antara satu dengan yang lain, karena selama sebelas bulan diluar bulan Ramadhan, tidak pernah bersilaturrahim karena kesibukan masing-masing.
  7. Mempermudah rezeki. Kita sudah ketahui bahwa rezeki dari Allah, tetapi rezeki diperoleh dari interaksi dengan pihak lain, bisa melalui bisnis, pekerjaan, dan sebagainya.
  8. Memperpanjang umur (usia). Buka puasa bersama sambil bersilaturrahim, kita bisa saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat, sehingga meredakan ketegangan psikis, karena sejenak melupakan persoalan yang dihadapi. Selain itu, bisa mendengar ceramah dari yang lebih berpengalaman dan banyak ilmu, sehingga memberi kecerahan dan harapan baru. Dampaknya Allah memberi kesehatan pisik dan psikis, sehingga panjang umur.
  9. Persatuan dan kesatuan dibangun melalui medium buka bersama.
  10. Lahir ide-ide brilian melalui buka bersama, karena setiap bukber selalu diisi dengan ceramah dan dialog.

Oleh karena itu, semoga kita bisa memanfaatkan momentum buka puasa bersama untuk meraih hikmah atau manfaat untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Usai berbuka puasa dilanjutkan salat Magrib, salat Isya, dan Salat Tarwih di Masjid NURUL MUJADDIDIN yang berada di kompleks Rujab Bupati Bone.

Sekadar diketahui, MASJID NURUL MUJADDIDIN DI LOKASI RUMAH JABATAN BUPATI BONE DIBANGUN PADA TAHUN 2008 PADA MASA PEMERINTAN BUPATI BONE KE-15 H.ANDI MUHAMMAD IDRIS GALIGO. NAMUN PADA SAAT ITU TIDAK TERBUKA UNTUK UMUM.

SETELAH KEPEMIMPINAN BUPATI BONE KE-16 H.ANDI FAHSAR MAHDIN PADJALANGI TAHUN 2013 MASJID RUJAB YANG DIKENAL MASJID NURUL MUJADDIDIN TERSEBUT DIBUKA UNTUK UMUM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *