Potensi Wisata Kabupaten Bone

2119

1. Taman Arung Palakka

Taman Arung Palakka yang dibangun tahun 2016 terletak di jantung Kota Watampone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kini tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota melainkan taman bunga ini juga berfungsi sebagai taman pendidikan yang dimanfaatkan warga untuk belajar.

Di taman ini selain menikmati suasana damainya Bumi Arung Palakka, Anda juga bisa menikmati sarana Air Mancur Menari, dan berpose bersama keluarga di Patung Arung Palakka.

Taman ini awalnya hanya berfungsi sebagai paru-paru kota yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman namun seiring dengan kebutuhan warga dalam memanfaatkan teknologi maka pemerintah Kabupaten Bone menjadikan taman ini menjadi taman wisata pendidikan lengkap dengan fasilitas internet gratis.

2. Lapangan Merdeka Watampone

Lapangan Merdeka Watampone yang dibangun tahun 2016 merupakan salah satu pilihan warga Bone bersantai bersama keluarga dan handai tolan. Terletak di Jantung Kota Watampone, bersebelahan dengan Taman Arung Palakka.

Lapangan Merdeka Watampone selain menjadi sarana lapangan upacara juga menjadi tempat pelaksanaan berbagai event baik bertaraf lokal maupun nasional.

3. Stadion Lapatau Matanna Tikka Watampone

Stadion Lapatau Matanna Tikka terletak di pinggiran kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Nama Stadion ini merupakan nama dari Raja Bone Ke-16 Lapatau Matanna Tikka (1696-1741).  Stadion Lapatau Matanna Tikka berkapasitas 15.000 ribu orang. Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola.

Stadion Lapatau Matanna Tikka pernah menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan PSM Makassar, saat melawan Persijap Jepara dan Persela Lamongan pada Januari 2010. Stadion ini juga pernah menyelenggarakan 3 pertandingan Babak Delapan Besar Divisi Utama Liga Indonesia 2009–2010, yakni 3 pertandingan penyisihan Grup A, bersama dengan Stadion Andi Mattalatta di Makassar.

Stadion Lapatau Matanna Tikka juga dilengkapi sarana kolam renang, dan sarana olahraga lainnya, bahkan sebagian OPD Pemkab Bone berkantor di Stadion ini, dan lokasinya juga bersebelahan dengan gedung DPRD Kabupaten Bone.

4. Tanjung Pallette

Objek wisata alam Tanjung Pallette, terletak di Keluarahan Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Berjarak 12 Km dari jantung kota Watampone, atau 182 km dari kota Makassar.

Tanjung Pallette menyuguhkan bukit karang tepi laut Teluk Bone. Desiran ombak dan angin sepoi-sepoi yang cukup merayu suasana. Tempat ini menyimpan cerita rakyat To Malaweng yang melegenda.

Jika berada di kawasan ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan laut nan membiru, desiran ombak mengantar perahu nelayan, serta jembatan penyeberangan Bajoe.

Objek wisata alam Tanjung Pallette, selain menawarkan fenomena alam, dilengkapi berbagai sarana seperti water boom, kolam renang, gedung pertemuan, Musalla, dan sarana penginapan.

5. Gua Mampu

Gua Mampu merupakan objek wisata alam yang terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, berjarak 30 km dari jantung kota Watampone, atau sekitar 140 km dari Kota Makassar.

Seperti umumnya gua-gua kapur yang banyak ditemukan di Sulawesi Selatan, Gua Mampu dihiasi dengan stalagmit dan stalagtit yang unik. Gua ini juga bertingkat. Rongga-rongga kapur ditemukan saling bersusun memanjakan pengunjung yang ingin bereksplorasi di dalam gua.

Di tiap ruangan Gua Mampu terdapat berbagai stalagmit dan stalagtit yang terbentuk secara alami. Bentuknya unik hingga menyerupai berbagai makhluk hidup dan benda-benda peradaban manusia yang seolah telah membatu.

Situs Gua Mampu terbentuk dari batuan gamping, sehingga pada bagian perutnya terdapat pintu masuk. Di gua ini terdapat enam ceruk yang dihubungkan dengan ceruk lainnya. Pada bagian dalam Gua Mampu terdapat travertin yang membentuk stalagmit, stalaktit sehingga membentuk pilar-pilar alam.

Meski beberapa terowongan tertentu terdapat tempat-tempat yang cukup gelap, tetapi pada bagian-bagian mulut gua terang karena jumlah sinar matahari yang masuk cukup banyak.

Suhu udara Gua Mampu terutama yang terdapat pada mulut gua berkisar 26-29 derajat celsius, dengan kelembaban sekitar 80 %. Dengan keadaan ini, manusia dapat hidup di dalamnya.

6. Bukit Cempalagi

Bukit CEMPALAGI adalah sebuah kawasan yang terletak di pesisir Teluk Bone, tepatnya di Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan sejauh 14 Km di sebelah Utara Kota Watampone).
Dari arah Timur, ia nampak seperti Penutup Payudara yang terapung, kemudian di sebelah Selatan adalah Tanjung Pallette dan di sebelah Utara itulah bukit Cempalagi.

Cempalagi tidak lepas dari bagian rangkaian sejarah Bone yang panjang. Di gunung itulah Raja Bone ke-15 Arung Palakka mengucapkan sumpah janji untuk membebaskan rakyatnya dari ketertindasan sebelum melakukan rangkaian perjalanan panjang ke kerajaan Buton untuk selanjutnya ke Batavia dan ke Pariaman Sumatera. Hal itu terjadi pada abad ke-17 ketika pasukan Kerajaan Gowa mengejar Arung Palakka dan pengikutnya.

Yang menarik bukit Cempalagi ini bukan hanya aspek cerita , melainkan adanya beberapa “Prasasti” yang dapat disaksikan sampai saat ini. Ketika Arung Palkka mencapai puncak “kemurkaannya” dengan kesaktian sebagai seorang raja Ia mencakar ” MAKKAREBBE ” (Mencakar), menghentakkan tumitnya dengan kuat ( MATTUDDU’) dan bersumpah (MATTANRO) untuk membebaskan rakyat Bone dari belenggu penjajahan Goa pada suatu ketika nanti, Tellabu Essoe ri Tengnga Bitarae.

7. Tujuan Wisata Lainnya

Daftar Nama-Nama dan Tempat serta potensi pariwisata Kabupaten Bone yang memiliki nilai sejarah, mitos dan berbagai keunikan

  1. Musium Lapawawoi, Musium ini berada di kecamatan Tanete Riattang, dengan jumlah tenaga kerja 2 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 126 wisatawan nusantara dan 4 wisatawan mancanegara.
  2. Bola Soba, Bola Soba berada di kecamatan Tanete Riattang, dengan jumlah tenaga kerja 3 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 203 wisatawan nusantara dan 5 wisatawan mancanegara.
  3. Bukit Manurunge, Bukit ini berada di kecamatan Tanete Riattang, ri Matajang dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 41 wisatawan nusantara.
  4. Tanah Bangkalae, Tanag Bangkalae berada di kecamatan Tanete Riattang, dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 52 wisatawan nusantara dan 2 wisatawan mancanegara.
  5. Kompleks Makam, Makam ini berada di kecamatan Tanete Riattang Kalokkoe dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 24 wisatawan nusantara.
  6. Tempat Manurunge, Tempat ini beradadi kecamatan Tanete Riattang ri Toro Timur.
  7. Bubung Tello, Bubung/sumur ini berada di kecamatan Tanete Riattang.
  8. Masjid Tua, Mesjid ini berada di kecamatan Tanete Riattang.
  9. Kompleks Makam Laebbata, Makam ini berada di kecamatan Tanete Riattang.
  10. Makam La Ummasa, Makam ini berada di kecamatan Tanete Riattang Panre Bessi
  11. Kuburan Petta Bettae, Kuburan ini berada di kecamatan Tanete Riattang Barat, dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret 2007 telah dikunjungi oleh 11 wisatawan nusantara.
  12. Sungai Jeppe’e, Sungai ini berada di kecamatan Tanete Riattang Barat..
  13. Bubung Paranie, Bubung/sumur ini berada di desa Lemo Ape kecamatan Palakka.
  14. Komp. Makam, Makam ini berada di desa Matuju kecamatan Ponggawae Awangpone
  15. Bubung Assingireng, Bubung/sumur ini berada di desa Unra kecamatan Awangpone.
  16. Makam Petta Makkarame, Makam berada di desa Manera kecamatan Salomekko.
  17. Makam Lapatau Matanna Tikka, Makam ini berada di desa Nagauleng kecamatan. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungioleh 452 wisatawan nusantara.
  18. Makam Lauleo Boto’e, Makam ini berada di desa Itterung kecamatan Tellu Siattinge.
  19. Tugu Malamung patu , Tugu ini berada di desaTelle kecamatan Ajangale
  20. Makam Raja-Raja Lamuru, Makam ini berada di desa Lalebata kecamata Lamuru. Dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungioleh 257 wisatawan nusantara dan 4 wisatawan mancanegara.
  21. Makam Datu Salomekko, Musium ini berada di desa Balange kecamatan Salomekko

8. Obyek Wisata Alam

  1. Tanjung Pallette, Tanjung Pallette berada di kelurahan Pallette kecamatan Tanete Riattang Timur, dengan jumlah tenaga kerja 31 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 14.000 wisatawan nusantara dan 112 wisatawan mancanegara.
  2. Dermaga Bajoe, Dermaga ini berada di kelurahan Bajoe kecamatan Tanete Riattang Timur.
  3. Gua Jepang, Gua ini berada di desa Bacu kecamatan Palakka.
  4. Gua Janci, Gua ini berada di desa Mallari kecamatan Awangpone.
  5. Pantai Ujung Pattiro, Pantai ini berada di kecamatan Sibulue.
  6. Permandian Alam Lanca, Permandian Alam ini berada di desa Lanca kecamatan Tellu Siattinge.
  7. Gua Mampu, Gua ini berada di desa Cabbeng kecamatan Dua Boccoe, dengan jumlah tenaga kerja 2 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 5.263 wisatawan nusantara dan 14 wisatawan mancanegara.
  8. Permandian Alam Alinge, Permandian Alam ini berada di Desa Alinge kecamatan Ulaweng.
  9. Permandian Alam Taretta, Permandian Alam ini berada di Desa Alinge kecamatan Ulaweng.
  10. Gua lagaroang, Gua ini berada di Desa Bengo kecamatan Bengo.
  11. Gua Batu, Gua ini berada di Desa Tellongeng kecamatan Mare.
  12. Pantai Putih, Pantai ini berada di Bonepute kecamatan Tonra
  13. Gareccing (Tete) yang dikelola oleh Rindam VII Wirabuana dengan tenaga kerja dari anggota TNI . Pada tahun 2007 Januari-Maret banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.
  14. Permandian Waetuo, Permandian ini berada di desa Waetuo kecamatan Kajuara, dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 3.456 wisatawan nusantara dan 15 wisatawan mancanegara.
  15. Pantai Bone Lampe, Pantai ini berada di Desa Bulu – bulu kecamatan Tonra.
  16. Uttang Menroja, Uttang Menroja ini berada di Macanang kecamatan Tanete Riattang Barat.
  17. Permandian Siduppa, Permandian ini berada di Desa Panyili kecamatan Matae Palakka.
  18. Pantai Ancu Allapungeng, Pantai ini berada di Desa Ancu kecamatan ToaeKajuara.
  19. Pattanengpungae, Pattanengpunga berada di kecamatan Tellu Siattinge.
  20. Bulu Larampeng Desa Barakkae Kecamatan Lamuru pilihan Pecinta Alam untuk menikmati pemandangan diatas gunung

8. Obyek Wisata Panorama

  1. Sumpang Labbu, Sumpang Labbu berada di Liliriattang kecamatan Bengo.
  2. Bendungan sanrego, Bendungan ini berada di Biru kecamatan Kahu.
  3. Air Terjun Ulu ere, Air terjun Ulu ere berada di Desa Bonto jai kecamatan Bonto Cani
  4. Mata Air Panas Saweng, Mata air panas Saweng berada di Desa Saweng kecamatan Ponre.

9. Obyek Wisata Budaya

  1. Perkampungan suku Bajo, Perkampungan Suku Bajo berada di kelurahan Bajoe kecamatan Tanete Riattang Timur.
  2. Kesenian Tradisional Sirawu’ Sulo, Kesenian tradisional ini berasal dari Desa Pongka kecamatan Tellu Siattinge.
  3. Permainan Rakyat Sere Wara, Permainan Rakyat Sere wara berasal dari Desa Lagosi kecamatan Tellu Limpoe.
  4. Maggiri, Maggiri berasal dari Komunitas Bissu Mattampa Bulu
  5. Kerajinan Tangan Anemmi/Pita, Kerajinan Tangan Anemmi/Pita Berada di Desa Wollangi Kecamatan Barebbo.
  6. Kerajinan Tangan Songko, Kerajinan tangan Songko To Bone berada Tobonedi desa Paccing kecamatan Awangpone.
  7. Kerajinan Tangan, Kerajinan tangan dari perak/kuninga Perak/Kuningan berada di Desa Pompanua kecamatan Ajangale.
  8. Kerajinan Baju Bodo, Kerajinan Baju Bodo berada di Desa Pompanua kecamatan Ajangale.
  9. Rakkala Manurung, Rakkala Manurung berada di Desa Mattampa Bulu kecamatan Lamuru.
  10. Lagole, Lagole berada di kecamatan Tellu Siattinge,
  11. Bendungan Salomekko, Bendungan ini berada di Ulubelang kecamatan Salomekko, dengan jumlah tenaga kerja 1 orang. Pada tahun 2007 Januari-Maret telah dikunjungi oleh 100 wisatawan nusantara dan 4 wisatawan mancanegara

Sumber : Teluk Bone

BAGIKAN