Dihadiri Sekjen Kemensos, Pj Bupati Bone Kukuhkan Kampung Siaga Bencana di Dua Boccoe

BONE— Pj Bupati Bone Andi Islamuddin mengukuhkan
Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Bone tahun 2024, Kamis, 9 Mei 2024.

Pengukuhan di Desa Pattiro Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Robben Rico hadir langsung dalam kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Sosial Kabupaten Bone.

Kepala Dinas Sosial Bone Andi Mappangara menuturkan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Bone sengaja ditempatkan di Desa Pattiro.

Pasalnya, Pattiro merupakan lokasi strategis menjadi penyanggah desa lain kecamatan Dua Boccoe dan sekitarnya jika terjadi bencana, utamanya banjir.

” Di daerah ini akan dibuat menjadi lumbung sosial, jika terjadi bencana banjir di sekitar Bone Utara maka segala logistik bantuan akan disimpan di daerah ini,” kata Andi Mappangara.

Pj Bupati Bupati Bone Andi Islamuddin mengucapkan terima kasih kepada Sekjen Kemensos RI hadir langsung di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone.

“Rasa bangga dan apresiasi kepada bapak Sekjen Kementerian Sosial atas kehadirannya di tempat ini, dengan kehadiran beliau dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Bone, dan tentunya menjadi berkah bagi Kabupaten Bone,” kata Andi Islamuddin.

Dia menjelaskan Kampung Siaga Bencana yang dibentuk atas dukungan Kementerian Sosial sudah sangat tepat di Kabupaten Bone.

“Di mana Kabupaten Bone salah satu Kabupaten yang terluas di Sulsel dengan 4559 km2, secara administratif 27 kecamatan 372 desa dan kelurahan,” kata Andi Islamuddin.

Ia berharap dengan adanya Kampung Siaga Bencana, pemerintah bersama masyarakat dapat lebih sigap menghadapi jika suatu waktu terjadi bencana.

Sekjen Kementerian Sosial Dr Robben Rico mengapreasiasi apa yang dilakukan pemerintah kabupaten Bone dengan membentuk Kampung Siaga Bencana.

“Dan selamat kepada teman teman yang dikukuhkan, saya titip kabupaten Bone tidak selesai pada saat pelantikan dan pelatihan, tetapi akan mempersiapkan regenerasi teman teman menjadi taruna siaga bencana,” kata Rico.

Dia meminta Pemerintah Kabupaten senantiasa sigap melaporkan ke Kementerian Sosial jika terjadi bencana.

“Segala kebutuhan kebencanaan dapat cepat tanggap, dan ajukan bantuan yang dibutuhkan ke Kementerian Sosial untuk kepentingan warga,” kata Sekjen Kementerian Sosial Dr Robben Rico.

(RIL/AJ)*.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *