Pemerintah Kabupaten Bone Mengucapkan Selamat Hardiknas Tahun 2021

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati tanggal 2 Mei setiap tahun. Untuk tahun ini, Hardiknas akan jatuh pada Minggu, 2 Mei 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor: 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 menyampaikan sejumlah imbauannya terkait peringatan Kemdikbud di tahun 2021 ini.

PELAKSANAAN UPACARA HARDIKNAS 2021:

Pertama, Kemdikbud akan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka dan terbatas dengan protokol kesehatan pada Minggu 2 Mei 2021 pukul 09.00 WITA.

Untuk segenap instansi dan satuan pendidikan baik yang ada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan, apabila berada di zona kuning atau hijau.

Sementara instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

TEMA HARDIKNAS 2021:

Tema Hardiknas 2021 yang diambil oleh Kemendikbud adalah “SERENTAK BERGERAK, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR”

“Merdeka Belajar” ini merupakan tema besar dari kebijakan pendidikan yang diangkat Menteri Nadiem Makarim sejak ditunjuk menjadi Mendikbud oleh Presiden Jokowi.

Di dalam konsep Merdeka Belajar tersebut, terdapat 4 program yakni:

1) Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai uji kompetensi siswa yang bisa dilakukan dengan cara ujian tertulis maupun penilaian lain yang lebih komprehensif;
2) Penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimun dan Survei Karakter;
3) Menyederhanakan atau memangkas sejumlah komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan
4) Peraturan PPDB Zonasi digunakan dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.

DOWNLOAD LOGO HARDIKNAS 2021:

Ada pun logo khusus untuk peringatan Hardiknas tahun ini berupa logo berbentuk menyerupai 2 hati yang tersambung sehingga menyerupai bentuk bintang. Di sekelilingnya terdapat 5 lingkaran.

Jika dilihat dengan lebih seksama, logo dengan gradasi 3 warna, biru, hijau, dan kuning itu menggambarkan 5 orang yang bergandengan dan mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi.

Logo ini akan disertakan dalam setiap agenda offline juga unggahan media digital yang berkenaan dengan peringatan Hardiknas 2021.

Untuk itu, bagi pihak yang membutuhkan logo Hardiknas 2021 dapat mengunduhnya di laman kemdikbud.go.id.

SEJARAH HARDIKNAS :

Penetapan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional diambil dari hari kelahiran tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.

Tokoh asal Yogyakarta ini meninggalkan begitu banyak warisan bagi dunia pendidikan nasional. Salah satu yang terkenal adalah semboyannya yang berbunyi:

“Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani”, yang artinya “Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan).

Semboyan tersebut hingga saat ini masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air, misalnya “Tut wuri handayani” yang dituliskan di dalam logo Kemendikbud.

FILOSOFI BUGIS:

Semboyan pendikan tersebut di atas senilai dengan filosofi warisan nenek moyang Bugis dalam dunia pendidikan yaitu ” Riolo Napatiroi, Ritengnga Naparagai, Rimunri Napangampiri. (Di depan memberi teladan, di tengah mengasuh, di belakang membimbing).

Maksudnya : Ketika guru berada di depan harus memberi contoh dan teladan, pada saat berada di tengah harus memberi asuhan dan mendidik, dan ketika berada di belakang harus menjaga, memberikan arahan dan bimbingan.

Pepatah Bugis ini sangat erat kaitannya dengan profesi guru dan dosen. Ia harus mampu berdiri disegala lini untuk mengajar dan mendidik murid dan mahasiswanya.

Melalui kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Bone mengucapkan ” Selamat Hari Pendidikan Nasional Tanggal 2 Mei 2021″

Surat Edaran Mendikbud tentang Hardiknas Tahun 2021, dan LOGO Hardiknas 2021 KLIK DI SINI