oleh

Metamorfosis Universitas Muhammadiyah Bone

METAMORFOSIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE 

Marlia Rianti
Kandidat Doktor Ilmu Manajemen UMI Makassar

Dosen Universitas Muhammadiyah Bone

Pelantikan seluruh Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Pimpinan Lembaga, Unit, Biro, serta Ketua Program Studi lingkungan Universitas Muhammadiyah Bone pada 26 Maret 2021 merupakan penanda selesainya proses metamorfosis UNIM Bone, sebagai universitas pertama di Kabupaten Bone. Selanjutnya, UNIM Bone telah menjadi seekor kupu-kupu cantik yang siap terbang untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Perjalanan metamorforsis tersebut, sebagaimana ulat berubah menjadi kepompong hingga menjadi seekor kupu-kupu, UNIM Bone telah melalui bermacam ujian dengan pengorbanan tenaga, pikiran, materi, dan waktu yang tidak sedikit. Seluruh kekuatan dimaksimalkan dan semua kelemahan diminimalisir demi suatu pencapaian yang luar biasa.

Dua tahun bukanlah waktu yang singkat untuk proses ini, suka dan duka mengiringinya. Namun, atas dukungan seluruh civitas akademik STKIP Muhammadiyah Bone telah
menancapkan sebuah tonggak sejarah untuk dikenang kemudian hari, yakni Universitas Muhammadiyah Bone sebagai kampus Education, Innovation, dan Bussiness.

Para pejabat struktral lingkungan UNIM BONE adalah orang-orang pilihan pada posisinya masing-masing. Allah SWT telah memberikan kesempatan untuk menunjukkan kinerja dan prestasi terbaiknya. Peluang ini mutlak bagi seluruh civitas akademik UNIM Bone.

Bagi dosen dan mahasiswa, kontribusi terbesar adalah melaksanakan tugas dan tanggung jawab Catur Darma Pendidikan Tinggi Muhammadiyah, yakni pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dan implementasi Gerakan Kemuhammadiyahan.

Seluruh civitas akademik adalah orang-orang pilihan pada perannya masing-masing. Sehingga, “Sinergitas” adalah kata yang sangat tepat untuk menggambarkan kebersamaan agar visi dan misi UNIM Bone dapat diwujudkan melalui implementasi strategi, tujuan, dan sasaran baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Apresiasi tertinggi bagi Rektor UNIM Bone yang telah memilih para pimpinan unit kerja masing-masing dengan mengedepankan prinsip Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge.
Di masa yang akan datang, prinsip-prinsip ini akan menjadi nilai dan spirit budaya kerja di lingkungan UNIM Bone. Bersama-sama bergandengan tangan, menghilangkan egoisme keilmuan dan egoisme individual serta melupakan riak perselisihan.

UNIM Bone bukanlah perahu berawak yang terombang-ambing di lautan lepas. UNIM Bone adalah satu tubuh yang telah berikrar.

Sang Surya Tetap Bersinar, Sahadat Dua Melingkar, Warna Yang Hijau Berseri, Membuatku Rela Hati.

Yaa Allah Tuhan Rabbiku, Muhammad Junjunganku, Al-Islam Agamaku, Muhammadiyah Gerakanku …

Adalah penggalan Mars Muhammadiyah menjadi motivasi dan penyemangat untuk meraih masa keemasan UNIM BONE di masa yang akan datang.