Buka Bimtek LPPD dan LKjIP, Bupati Bone Apresiasi ASN

Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kabupaten Bone Tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan atas kerja sama Bagian Tata Pemerintahan dan Bagian Organisasi Setda Bone yang digelar di Hotel Mercure Makassar, Senin, 15 Februari 2021.

Bimtek LPPD digelar oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Bone sementara Bimtek LKjIP oleh Bagian Organisasi Setda Bone.

Turut hadir perwakilan Direktur EKPKD Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Parlin Jumanti Siahaan, S.E., M.Si, Sekretaris Daerah Bone Drs. H. Andi Islamuddin, Kepala OPD terkait dan peserta kegiatan.

Ketua panitia pelaksana Muh. Zuhdi, S.S.T.P., M.Si. mengatakan, tujuan pelaksanaan Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat perencana perangkat daerah dalam menyajikan dokumen LPPD dan LKjIP yang berkualitas dan memenuhi unsur sesuai yang telah ditetapkan dalam aturan undang-undang.

“Kegiatan ini berlangsung selama lima hari dengan menghadirkan 39 perangkat daerah selaku tim penyusun perencana kegiatan diharapkan menghasilkan keluaran yang memiliki kapasitas dan kapabilitas” jelasnya

Bupati Bone dalam sambutannya mengatakan, awal 2020 kita dihadapkan wabah COVID-19 yang berdampak pada kesehatan dan ekonomi masyarakat.

“Hal ini menjadi salah satu pendorong sehingga pemerintah daerah termasuk Kabupaten Bone melakukan percepatan penggunaan anggaran kegiatan tertentu (refocusing) atau perubahan alokasi anggaran, dengan menunda atau membatalkan beberapa program dan kegiatan yang dianggap tidak relevan atau tidak dalam koridor prioritas untuk penanganan dan antisipasi penyebaran covid-19” jelasnya.

Bupati Bone menambahkan, bahwa Refocusing anggaran tentu berdampak pada pencapaian target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah, namun refocusing bukan alasan untuk tidak produktif.

“Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, tentu akan semakin memantapkan peranan perumusan kegiatan selanjutnya” ungkap Bupati Bone.

Terakhir Bupati mengapresiasi kinerja seluruh ASN, banyak penghargaan telah kita raih dalam kurung waktu tujuh tahun, semua tidak lepas dari peranan Bapak/Ibu perumus perencana kegiatan.