Gubernur Sulsel Panen Benih Jagung Hibrida di Desa Unra Bone

Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, M.Agr. melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone.

Salah satu agendanya, yakni melakukan panen perdana benih jagung Hibrida Nasa – 29 di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Minggu 14 Februari 2021.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Sulsel disambut dan didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M. Sekda Bone Drs. H. Andi Islamuddin.

Sebelumnya Gubernur Sulsel dan rombongan melakukan peninjauan Bandara Arung Palakka di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone.

Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M menuturkan Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih atas penunjukan Kabupate Bone sebagai lokasi penanaman bibit Hibrida.

“Alhamdulillah kita patut berbangga, daerah Unra ini dipilih menjadi lokasi penanaman bibit Hibrida, Pemerintah daerah selalu siap mendukung pemerintah provinsi menyiapkan lahan, saat ini kita siapakan 100 hektar, jika masih dibutuhkan kita tambah lagi,” kata Wabup Bone.

“Dulu orang Unra ini dikenal gagah berani melawan penjajah, sekarang orang Unra berani berinovasi untuk menanam bibit hibrida,” kata Wakil Bupati Bone.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, M.Agr. menuturkan panen perdana benih jagung Hibrida Nasa – 29 merupakan ikhtiar pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan petani jagung.

“Hal ini kita mulai di Bone karena Bone merupakan penghasil jagung terbesar di Sulsel dan menjadi pioner produsen benih jagung hibrida di Sulsel,” kata Gubernur Sulsel.

Lanjutnya mengatakan, benih jagung Hibrida Nasa – 29 yang dikembangkan ini dapat menghasilkan 13 ton per hektar. Dibandingkan sebelumnya produksi rerata 6 ton per hektar

“Pengembangan benih jagung yang kita panen ini bisa sampai 4 ton per hektar, kalau kita tanam kembali benihnya bisa menghasilkan 13 ton per hektar,” kata Gubernur Sulsel.

Pada kesempatan itu, gubernur juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit pompa air untuk kelompok tani Pucuk Baru Desa Unra. (AN).