Dinas Kominfo Bone Gelar Bimtek Aplikasi Tanda Tangan Elektronik

241

Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian melaksanakan bimtek aplikasi tanda tangan elektronik, Kamis 15 Oktober 2020.

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone yang diikuti 15 Operator OPD lingkup Pemda Bone.

Dasar Hukum untuk pemakaian dan legalitas Tanda Tangan Elektronik (e-Signature) yaitu Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 (UU ITE) atau Informasi Transaksi Elektronik serta Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Transaksi Elektronik.

Dasar hukum ini menjadi penting sebagai landasan dan acuan bahwa dokumen elektronik (.doc,.pdf,dll) yang ditanda tangani secara digital adalah sah secara hukum, sama seperti tanda tangan konvensional pada dokumen kertas.

Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone Drs.Andi Amran, M.Si. yang diwakili Kasi Operasional Persandian Subhan Sahabuddin, S.S. mengatakan untuk langkah awal kegiatan bimtek ini hanya diikuti sebagian operator OPD.

” mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19 di mana harus patuh dengan protokol kesehatan” tuturnya.

Kadis Kominfo dan Persandian dalam pesannya mengatakan, karena pentingnya bimtek aplikasi tanda tangan elektronik ini setiap operator/peserta diharapkan mampu mengoperasikan aplikasi e-lontara di OPD masing-masing.

Hasil bimtek ini diharapkan diakhir tahun ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bone sudah menerapkan tanda tangan ekektronik/digital.

Sementara itu, di tempat berbeda Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone Drs.Andi Amran, M.Si. tengah melakukan pemaparan PPID di Makassar, Kamis 15 Oktober 2020.

Pemaparan PPID tersebut dalam rangkaian kegiatan penganugerahan keterbukaan informasi publik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Kadis Kominfo dan Persandian Kab. Bone melakukan Pemaparan PPID di Makassar, Kamis 15 Oktober 2020

Berikut foto kegiatan Bimtek Aplikasi Tanda Tangan Elektronik di Aula Kantor Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone

BAGIKAN