SATGAS COVID-19 BONE Jemput 21 TKI dari Negara Malaysia

Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bone menjemput 21 TKI di Pelabuhan Nusantara Ajatappareng Parepare. TKI tersebut, merupakan warga Bone yang bekerja di Negara Malaysia.

Kegiatan penjemputan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut dipimpin langsung Ketua Tim Satgas Pencegahan dan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Bone, AKP Zulaini R. Tampilang, S.H. ( Kasat Binmas Polres Bone).

Tim khusus menjemput TKI tersebut beranggotakan 18 personel di antaranya: AKP A. Safei , S.Sos., M.H., (Wadanyon C Brimob Tenribetta), AKP Surahman (Kasat Intel Polres Bone), Kapten Arh Ruslan (Pasi OPS Kodim 1407 Bone), A.Herman Sampara, S.H. M.Si. (Kepala Bapenda Kab.Bone), A. Akbar, S.Pd. M.Pd. (Kasatpol PP Kab.Bone ).

Turut pula bersama tim A.Baharuddin ,S.I.P., M.Si ( Kabid Trantibum Satpol PP Kab.Bone), Hasbadul Adhan, S.Sos. (Kasi Ketertiban Umum Satpol PP Kab.Bone), Syahruddin Ahmad, S.E. (Kasi pelatihan dan Mobilisasi Satpol-PP Kab.Bone), serta didukung 9 personel URC dari Posko Satgas COVID-19 Bone.

Selain itu, Tim didukung 6 unit kendaraan, yakni 1 unit kendaraan Satpol-PP, 1 unit kendaraan Ambulance, 1 unit kendaraan Bus, 1 unit Kendaraan dari Bapenda, 1 unit kendaraan dari Brimob, dan 1 unit kendaraan dari Intel Polres Bone.

Tim khusus meninggalkan Watampone pada Sabtu, 16 Mei 2020 Pukul 23.50 Wita dan Tiba pada Pukul 03.00 Wita di Pelabuhan Nusantara Ajatappareng Pare Pare, Minggu 17 Mei 2020.

Di Parepare Minggu 17 Mei 2029 Pukul 07.00 Wita dilaksanakan Apel Gabungan Satgas COVID-19 dari beberapa Kabupaten, di antaranya Kabupaten Bone yang dipimpin langsung oleh Dan Sub Satgas COVID-19 Kolonel Laut P Ardhi Sunaryo , S.T., M.M. (Asops Lantamal VI Makassar).

Arahan Asops Lantamal VI Makassar yang intinya meminta Satgas COVID-19 Kabupaten/kota untuk tetap mengikuti aturan, utamanya kedisiplinan, kemudian jangan menganggap sepele dengan wabah Corona ini, apabila bapak menyepelekan dampaknya sangat berisiko.

KMP THALIA Tiba di Pelabuhan Pukul 07.30 Wita, Minggu 17 Mei 2020.

Sebelum kapal sandar di pelabuhan Nusantara Ajatappareng Parepare, pihak Dinas Kesehatan Kota Parepare melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada para penumpang sebelum turun kapal.

Setelah itu penumpang turun secara bergantian tiap tiap kabupaten dan yang pertama turun adalah warga Kab.Bone dengan komposisi jumlah terbanyak.

Para penumpang warga Bone sudah di-rapid test dan dan hasilnya semua negatif. Hasil pemeriksaan sudah dikirim dan diterima pihak Dinkes Kabupaten Bone.

Pukul 09.30 Wita, Minggu 17 Mei 2020, Penumpang KM THALIA mulai diturunkan satu persatu, kemudian disemprot cairan Disinfektan oleh URC Satp PP Kab. Bone kemudian dinaikkan ke Bus .

Pukul 10.00 Wita, Minggu 17 Mei 2020 Tim Satgas COVID-19 Bone dan penumpang KM THALIA meninggalkan Pelabuhan Nusantara Ajattappareng Pare Pare. Kemudian tiba pada pukul 12.30 Wita di Posko COVID-19 Jalan Jend. A.Yani Watampone.

Misi kemanusian ini berjalan sukses atas kerja sama personel yang dilandasi rasa tanggung jawab untuk melindungi warga Bone serta memutus mata rantai COVID-19.

Adapun nama nama TKI yang dijemput,yakni :

1. Maryam A.Ismail (Pr) Parigi Sengengpalie Lappariaja.
2 . Herwin Rachim (Lk) Jln.KS.Tubun, Macege/Tanete Riattang Barat.
3. Junaedah Yusuf Sanang (Pr) Pangi, Mattirowalie/Libureng.
4 . Mysha Syakila Winra (Pr) Jln.KS.Tubun, Macege/Tanete Riattang Barat.
5. Juliana (Pr) Jln.KS.Tubun, Macege/Tanete Riattang Barat.
6. Amri (Lk) Desa Itterung / Tellu Siattinge
7. Ali Wardana (Lk) Dusun 3 Lanca Baru 2 / Lanca/Tellusiattinge.
8. A. Herlina Ukkas (Pr) Tappale/Libureng
9. Saleha (Pr) Mattiro Walie/Ulo/Tellusiattinge
10. Salma (Pr) Componge/Lappo Ase/Awangpone.
11 . Nirwana Ambung( Pr) Maccope/Tassipi/Amali.
12. Juliana hakim( Pr) Dusun Arokke/Liliattang/Lappariaja.
13. Jusmiati binti Paddo (Pr) Lapaudeng/Tassipi/Amali
14 . Hatina Nuhung (Pr) Dusun Ulaweng Tenripakkua/Lappariaja.
15 . Rosmatang (Pr) Jln. Jend.M.Yusuf/Watampone/Tanete Riattang.
16. Sitti Syahida Abu Hasang (Pr) Bone
17. Nurbaya Hannanu (Pr) Bone
18. Asis Bin Rase (Lk) Bone
19. Masyta ( Pr) Bone
20. Andi Nur Caya (Pr) Lappa Cenrana /Desa Lakukang/Mare.
21. Hj. Macita (Pr) Kampuno/Barebbo.

Tindak Lanjut

Sementara itu Jubir COVID-19 Bone dr.Yusuf, M.Kes. menjelaskan para warga Bone itu sudah dilakukan pemeriksaan ketat kesehatan mereka dengan uji sampel atau rapid test di Nunukan dan Parepare.

Alhamdulillah hasilnya non reaktif atau negatif semua. Semuanya sudah di-rapid test dan ada bukti pemeriksaannya, dan hasilnya semua negatif.

“Mereka tetap harus menjalani isolasi mandiri, namun demikian, jika ada warga yang tak mematuhi isolasi mandiri maka bakal bawa ke Rumah Singgah Bajoe” jelas dr.Yusuf.

Laporan : Tim Pencegahan COVID-19 Kab.Bone