Pemkab Kepulauan Sula Belajar Aksi Penurunan Stunting di Bone

455

Pemerintah Kabupaten Sula Provinsi Maluku Utara berkunjung di Bone dalam rangka studi banding terkait Aksi Konvergensi Stunting di Kabupaten Bone.

Rombongan tamu dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara tersebut diterima di ruang kerja Wakil Bupati Bone, Jumat 27 Desember 2019.

Wakil Bupati Bone Bapak Drs. H. Ambo Dalle, M.M. dalam sambutan penerimaannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Bone, Bumi Arung Palakka.

Ketua rombongan Bpk. Arif Sumasugi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab.Kepulauan Sula menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sula, Provinsi Maluku Utara menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah dan masyarakat Bone atas pelayanan yang diberikan.

Lanjutnya mengatakan kami hadir di Bone untuk belajar cara menurunkan dan mengatasi stunting. Karena di Bone ini dianggap daerah paling sukses dan berhasil meminimalisir angka stunting.

” Segala bentuk kegiatan terkait program dan penanganan stunting yang dilakukan terupdate di website pemda Bone sehingga kami pun di daerah lain dapat mengetahuinya” Ungkap ketua rombongan tersebut.

Sementara Wakil Bupati Bone Bpk.Drs.H.Ambo Dalle,M.M. menjelaskan dengan rinci tentang program dan langkah baik yang telah maupun yang akan dilakukan pemkab Bone dalam mengatasi stunting di Kabupaten Bone.

Didampingi Tim percepatan dan Penurunan Stunting Kabupaten Bone, Wakil Bupati mengatakan kalau di Bone ini telah terbentuk tim terpadu hingga ke desa dan bergerak bersama berdasarkan lokus yang telah ditetapkan.

Rombongan tamu dari Kabupaten Sula sebanyak 10 orang yang dipimpin Bpk. Arif Sumasugi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab.Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara.

Rombongan tamu tersebut merupakan tim stunting kabupaten Sula di antaranya: Arif Umasugi,S.Pd. (Asisten 2), Ida sriyanti Ratna  Sungkono,S.Si.(Diknas), Hadijah Soamole,S.Kep., Nurhuda Umahuk, S.K.M (PKK), Jabrin Umafagur ( Bappeda), Taufik Zainuddin ( Ketapang), Abidin Marsaoly (DPMD), Nofri Soamole (Bappeda), Sadriana (Dinkes) serta M. Iqbal Kamarullah (Sek. Bappeda).

“Kami bertolak dari Ternate menuju Makassar dan selanjutnya tiba di Bone hari ini Jumat 27 Desember 2019” kata Arif Sumasugi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab.Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara.

Sementara itu Tim Stunting Kabupaten Bone yang hadir mendampingi Wakil Bupati di antaranya Sekretaris Forum Kabupaten Bone Sehat Dr. Asia A. Pananrangi, S.H., M.H.,

Hadir juga Sekretaris Dinkes Bone, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinkes Bone, Dinas Ketahanan Pangan Bone, P3MD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinkes Bone, dan Seksi Promkes Dinkes Bone serta pendamping dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kepala Bidang Kesmas Muh.Husni Thamrin, S.K.M., M.Kes.

Menurut Bpk. dr.Eko Nugroho salah satu tim kampanye pencegahan stunting Kabupaten Bone mengatakan, bahwa selama di Bone rombongan dari pemkab Sula tersebut akan mengunjungi dan melihat langsung beberapa lokus stunting yang ada di Bone.

(Laporan: dr.Eko Nugroho)

BAGIKAN