Bupati Bone Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-58 Tahun 2019

51

Apel Besar Pramuka dalam rangka Hari Jadi Pramuka Ke-58 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bone dipusatkan di Stadion Mini Desa Liliriawang, Kecamatan Bengo, Rabu, 14 Agustus 2019

Apel tersebut bertindak Inspektur Upacara Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M. Padjalangi,M.Si. dengan peserta upacara jajaran forkopimda Bone, pimpinan OPD, Pengurus Pramuka Kwarcab, serta para anggota pramuka dari berbagai tingkatan, yakni untuk jenjang siaga, tingkat pengggalang SD, penggalang SMP, dan penegak SMA sederajat.

Bupati Bone selaku inspektur upacara dalam sambutannya, mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke-58, semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI yang kita cintai ini.

Tema Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membanguna keutuhan NKRI.

“Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah” kata Bupati Bone.

Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri”

Kegiatan tersebut meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti di antaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih lingkungan, dan lain-lain.

Tepuk Pramuka …….

Tepuk Pramuka…….

” Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan”

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

” Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana” kata Bupati Bone.

Selain itu kata bupati, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Terakhir Bupati Bone berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif.

“Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang” tuturnya.

“Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia”

“Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

” Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama. Salam Pramuka ! Terima kasih” demikian sambutan Bupati Bone.

Pada moment itu Bupati Bone memberikan penghargaan Lencana Pancawarsa kepada Anggota Pramuka atas dedikasi dalam organisasi Pramuka. Lencana Pancawarsa adalah tanda penghargaan ptamuka untuk anggota dewasa.

Penerima Pancawarsa di antaranya Dandim 1407 Bone, Kajari Bone, Ketua Pengadilan Bone, Kemenag Bone, Komandan Batalion C Tenri Betta, dan sejumlah Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Bone.