Pertemuan Penguatan Intervensi Paket Gizi pada 1000 hari Pertama di Kabupaten Bone

540

Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan terkait penguatan intervensi paket gizi kurun waktu lebih kurang tiga tahun terakhir (1000 hari) di Kabupaten Bone.

Kegiatan berlangsung di Aula Bappeda Bone, Selasa 23 Juli 2019 dan dibuka Kepala Bappeda Bone Drs.H.Abubakar, M.M. menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, H.Amrullah, S.K.M., M.Kes. dan Andi Kartini, S.K.M., M.Kes.

Kepada Bappeda Drs.H.Abubakar,M.M. dalam sambutannya mengatakan, bahwa stunting adalah keadaan gagal tumbuh pada anak Balita akibat dari kurangnya asupan gizi serta penyakit infeksi yang berlangsung lama.

Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh status gizi pada masa usia subur, saat hamil dan menyusui yang sangat menetukan keberhasilan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

Lanjutnya mengatakan, Stunting akan mengakibatkan terjadinya loss generation, dimana anak-anak tersebut akan menjadi beban bagi keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

“Faktor penyebab Stunting : Faktor Langsung (Asupan makanan dan Status kesehatan) dan Faktor tidak langsung (Pola asuh, Tingkat ekonomi keluarga, dan Kondisi sanitasi lingkungan)” tuturnya.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut atas penandatanganan deklarasi komitmen Pemda Bone untuk “Cegah Stunting” oleh Bapak Bupati pada kegiatan Rakornis Upaya Konvergensi Percepatan dan Penurunan Stunting di Jakarta beberapa waktu yang lalu

Berdasarkan SK Bupati Bone No.276 Tahun 2019, maka terdapat 10 (sepuluh) Desa Lokus prioritas Intervensi pencegahan stunting, yaitu : Desa Tadangpalie, Desa Cempaniga, Desa Sugiale, Desa Bana, Desa Matajang, Desa Hulo, Desa Laburasseng , Desa Samaenre, Desa Tondong dan Desa Batu Putih.

Diharapkan melalui pertemuan ini , maka dapat Camat, Kepala Desa , Kepala Puskesmas dan Tenaga Pengelola Gizi Puskesmas dapat bersinergi mengawal intervensi paket gizi pada 1000 HPK untuk mencegah Stunting di wilayahnya.

Demikian sambutan dan pengarahan Kepala Bappeda pada pertemuan terkait penguatan intervensi paket gizi pada seribu hari pertama di Kabupaten Bone.

BAGIKAN