Bone Raih Juara I Duta Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan Tahun 2019

191

Setelah sukses menjuarai Pemilihan Duta Bandara tahun 2019, kembali anak-anak Bone menunjukkan kemampuan dan prestasinya.

Ia adalah M.Rifal Al Kahadafi S. (17 thn)  asal sekolah SMA Negeri 3 Bone berhasil meraih Juara I Duta Pelajar Sulawesi Selatan 2019.

M.Rifal Al Kahadafi S. adalah putra darl pasangan Sudirman dan Mimi Tahir S.Pd. alamat Jln. Jenderal Sudirman Watampone, Kabupaten Bone.

Mewakil Bone M.Rifal Al Kahadafi S. berhasil menumbangkan para pesainnya pada Grand Final Duta Pelajar Sulawesi Selatan 2019 digelar di Phinisi Point Jln. Metro Tanjung Bunga, Makassar, Minggu, 14 April 2019 kemarin.

Duta Pelajar Sulawesi Selatan tahun 2019 dihelat Dinas Pendidikan Sulsel bekerja sama dengan Bamboo Management dan Phinisi Point.

Sebanyak 66 Finalis Duta Pelajar 2019 perwakilan daerah masing-masing telah menunjukkan kemampuan dan bakat untuk memperebutkan Juara Pertama.

Founder Bamboo Management Irfan Saputra mengatakan para finalis telah mengikuti karantina sebelumnya.

” Mereka telah melalui tahap seleksi di tingkat Kabupaten sebelumnya.selanjutnya  memberikan kelas motivasi, pembekalan, mengunjungi beberapa tempat wisata, klinik kecantikan dan media,” ujarnya.

“Jadi Juara pertama nantinya akan mewakili Sulawesi Selatan di ajang Duta Pelajar Nasional 2019” pungkasnya.

Berikut pernyataan M.Rifal Al Kahadafi S. yang dikirim ke tim redaksi bone.go.id :

” Pertama saya itu mendaftar untuk menjadi peserta Duta Pelajar Indoneisa Sulawesi Selatan yang mewakili Kabupaten Bone dan alhamdulillah saya terpilih untuk mewakili Kab. Bone ”

“Saya merupakan wakil pertama dari Kabupaten Bone yang lolos ke ajang Pemilihan Duta Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan”

“Setalah dinyatakan lolos dan mewakili Kabupaten Bone, saya mempersiapkan diri dengan baik untuk berkompetisi di ajang Provinsi ini karena pasti semua dari Kabupaten lain mengirim peserta terbaiknya”

“Hari pertama, yaitu Interview, ada 5 juri yang menginterview saya mulai dari Pendidikan, Pariwisata, dan pengetahuan umum. Alhamdulillah, saya bersyukur karena selama interview semuanya berjalan lancar sesuai harapan”

“Hari kedua, yaitu tes bakat, saya membawakan salah satu budaya yang ada di Kab. Bone, yaitu Osong (Angngaru), kenapa saya memilih itu karena ini juga merupakan peluang bagi saya untuk memperkenalkan sejarah dan budaya Bone dan alhasil berjalan lancar”

“Dan hari ketiga yang merupakan puncak dari Pemilihan Duta Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan 2019, dan saya memperiapakan orasi yang bertema “Pendidikan Karakter” dan mempelajari semua kisi-kisi yang sudah diberikan”

“Saya hanya terus berusaha, berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT apa pun hasilnya”

“Satu persatu nama pun disebut yang masuk kevdalam top 12 besar, awalnya saya berpikir sudah tidak masuk ke dalam top 12 tapi selalu berpikir pasti ada jalan kalau itu sudah menjadi takdir”

“Alhamdulillah nama saya dipanggil urutan terakhir dan saya sangat bersyukur serta harus menunjukkan bahwa saya bisa menjadi juara”

“Selanjutnya masuk ke top 6 besar dan nama kembali disebut dan di top 6 besar semua diberi pertanyaan langsung dari dewan juri”

“Dari top 6 nanti langsung diketahui siapa yang terpilih dan menjadi Duta Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan 2019”

“Saya berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT, karena yang terpilih adalah yang terbaik dari yang terbaik ” the best from the best”

“Sampailah kepada pengumuman yang menjadi Duta Pelajarnya dan
Alhamdulillah atas izin Allah SWT,
saya berhasil meraih Duta Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan 2019 dari Kabupaten Bone”

“Saya bersyukur kepada Allah SWT berterima kasih kepada orang tua saya yang tak henti-hentinya untuk mendukung saya, sekolah, guru saya, dan teman-teman semua”

“Saya bangga menjadi putra Bone yang bisa bersaing dengan daerah lain. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik”

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Pemda Bone dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone di mana sebelumnya menyelenggarakan Pemilihan Putra-Putri Duta Wisata Kabupaten Bone pada 16 Maret 2019 lalu”

“Di mana pada ajang tersebut saya salah satu pesertanya dan saya banyak memperoleh ilmu dan bimbingan dalam ajang tersebut”

“Dengan pengetahuan dan pengalaman itulah mengantarkan saya menjadi Juara I Duta Pelajar Indonesia Tingkat Sulawesi Selatan Tahun 2019”

Sementara Kadis Pariwisata Kabupaten Bone Andi Ikhwan Burhanuddin,S.H.,M.Si. mengatakan, generasi Bone banyak mempunyai potensi diri, jadi tinggal kita mengarahkan dan memberdayakan potensi itu.

“Dan ini sesuai harapan Bapak Bupati Bone yang termaktud dalam visinya mewujudkan masyarakat Bone yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera” Ungkapnya.