Mentan Resmikan Kampus II Polbangtan Gowa Jurusan Peternakan di Kecamatan Ponre

672

Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr.Ir.H Andi Amran Sulaiman,M.P. meresmikan Kampus II Jurusan Peternakan, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, Senin 8 April 2019.

Kampus II Polbangtan Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa tersebut berlokasi di Dusun Bakunge, Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa dengan 13 program studi itu merupakan hasil transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP).

Sedang Kampus I berlokasi di Jalan Malino Km. 7 Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Sungguminasa, Kabupaten Gowa,

Untuk diketahui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pertanian RI yang menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dengan metode teaching factory dalam berbagai rumpun ilmu terapan yang bertujuan untuk mendukung pembangunan pertanian.

Menilik sejarahnya berawal dari SPP-SPMA Negeri Gowa tahun 1976-1987 kemudian berganti menjadi Diklat APP Gowa 1987-1993.

Selanjutnya pada Tahun 1993-2002 lembaga ini memberikan peluang bagi para Penyuluh untuk mengikuti pendidikan jenjang Diploma III pada Akademi Penyuluh Pertanian (APP) Gowa.

Pada Tahun 2002, Akademi Penyuluh Pertanian (APP) Gowa berganti strata menjadi Diploma IV diikuti dengan perubahan lembaga menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa dengan memberikan layanan pendidikan pada Program Studi Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan.

Pada 25 Juni 2018 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa resmi mengalami transformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa dengan berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25/Permentan/OT.020/5/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pembangunan Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 36/Permentan/SM.220/8/2018 tentang Statuta Politeknik Pembangunan Pertanian.

” Dengan diresmikannya Kampus II Polbangtan Gowa di Bone ini membuka peluang dan kesempatan putra daerah untuk menuai ilmu khususnya bidang peternakan” kata Mentan Andi Sulaiman.

Menurut Menteri Putra Bugis Bone itu menjelaskan, bahwa Polbangtan kita jadikan agen perubahan ” yang Insya Allah akan menjawab segala tantangan di pertanian” Ungkapnya, Senin 8 April 2019.

“Ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pertanian dalam menyiapkan sumber daya manusia pertanian yang  profesional, mandiri, dan berdaya saing” tuturnya.

Sementara Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas didirikannya Kampus II Polbangtan Gowa di Bone.

Atas nama masyarakat dan pemerintah Daerah Kabupaten Bone sangat bersyukur atas dibangunnya Kampus II Polbangtan Gowa di Bone, tentunya ini akan membawa rahmat bagi kita semua.

Bapak Menteri Pertanian begitu pedulinya pada kampung halamannya, terbukti atas besarnya bantuan yang dikucurkan ke Bone sampai-sampai Polbangtan bisa terbangun di daerah ini juga.

“Dengan hadirnya Polbangtan di Bone akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah ini” jelas Bapak Bupati.

“Ini juga tentunya merupakan fasilitas yang membuka kesempatan bagi putra putri daerah ini untuk mengembangkan SDM khususnya bidang peternakan” ungkapnya

” Bone ini penghasil ternak terbesar di Sulawesi Selatan, dan apabila dikolaborasikan dalam bentuk kerja sama dengan Pemda niscaya produksi ternak akan semakin meningkat baik segi kuantitas maupun kualitas” kata Bupati Bone.

Hadir dalam giat ini Menteri Pertanian, Wakil Gubernur Sulsel, Bupati Bone, Bupati Soppeng, Wakil Bupati Wajo, Wakil Bupati Sidrap, Wakil Bupati Bone,  Forkopimda Bone, Sekda Bone, pimpinan OPD, Camat, Kades/Lurah,  Civitas Akademik Polbangtan Gowa, sejumlah pejabat kementerian pertanian, Tokoh-tokoh Pertanian Sulsel, Forkopimcam Ponre, dan ribuan warga setempat.

BAGIKAN