Puncak Peringatan Hari Jadi Bone Ke-689 Tahun 2019

134

Hari ini Sabtu, 6 April 2019 adalah puncak peringatan Hari Jadi Bone, di mana dalam usianya yang ke-689 tahun itu Bone menunjukkan jatidirinya sebaga daerah yang mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang.

Dalam merayakan hari jadi Bone sejumlah kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah Mattompang Arajang yang kali ini digelar secara terbuka di Lapangan Merdeka Watampone, Sabtu 6 April 2019.

Acara Mattompang Arajang dihadiri Menteri Pertanian RI Bpk. Dr.H. Andi Amran Sulaiman,S.P., M.P. didampingi Gubernur Sulsel Bpk. Prof.Dr.Ir.Nurdin Abdullah,M.Agr. dan Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si.

Hadir pula Bupati dan Walikota serta anggota legislatif dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari Kalimantan dan Para Saudagar Bugis yang tinggal di Negara Malaysia, serta sejumlah Ketua Dewan Adat Nusantara.

Selain itu hadir seluruh pimpinan Forkopimda Bone, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa Lurah, se-Kabupaten Bone, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh masyarakat, Pemuda, Pelajar, Kalangan pendidik, Pimpinan BUMN/BUMD, Lembaga Vertikal, Ribuan ASN serta tamu undangan lainnya.

Ketua Dewan Adat Bone Bpk.Andi Baso Hamid menjelaskan, acara Mattompang Arajang adalah proses ritual penyucian benda-benda kerajaan Bone dengan tujuan untuk pelestarian sejarah dan Budaya Bone.

Tambahnya, untuk pertama kalinya acara Mattompang Arajang digelar secara terbuka agar masyarakat Bone melihat secara langsung warisan leluhur Masyarakat Bone.

Setelah proses penyucian, benda pusaka tersebut diarak keliling untuk di perlihatkan kepada masyarakat umum.

Ribuan warga Bone yang hadir menyaksikan acara yang sangat langka ini, mereka sengaja datang dari berbagai daerah hanya untuk menyaksikan acara sakral tersebut.

Tak kurang dari 3 ribu masyarakat Bone dari berbagai penjuru dengan berpakaian adat memadati Lapangan Merdeka Watampone.

Kegiatan adat Mattompang Arajang sudah dilakukan sejak pemerintahan Raja Bone Ke-2 La Ummasa yang dilanjutkan Raja-raja Bone selanjutnya.

Namun untuk pelaksanaan Mattompang setiap tahunnya baru dimulai tahun 1990 sampai sekarang ini yaitu setiap memperingati hari jadi Bone.

Selanjutnya pada malam harinya puncak hari jadi Bone ditutup dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD pada 6 April 2019, di Gedung DPRD Kab.Bone selanjutnya Malam Ramah Tamah HJB ke-689 pada 6 April 2019, di Panggung Lapangan Merdeka Watampone.

PROSES MATTOMPANG ARAJANG BUKA VIDEONYA DI SINI