Bupati Bone Lantik Pengurus Forkom Bumdes dan Bundesma Kabupaten Bone.

39

Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. melantik sekaligus mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi dan Kerja sama Penasihat (FKKP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama(BUMDESMA) Kabupaten Bone Periode 2018-2023.

Kegiatan dilaksanakan di Halaman Rujab Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae No.1 Watampone, pada Jumat 5 April 2019 disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan Bpk.Prof.Nurdin Abdullah.

Forum Komunikasi dan Kerjasama Penasehat BUMDES dan BUMDESMA Bone sebagai wadah kerjasama dalam mengembangkan
dan mengelola potensi desa.

Bupati Bone mengatakan, dengan adanya Forkom BUMDes para pengelola BUMDes akan semakin sinergi. Karena di Bone ini dari 372 Desa/Kekurahan terdapat 328 desa. Dari jumlah itu apabila terjalin kerja sama antar Bumdes bisa menjadi pemicu ekonomi Kabupaten Bone.

Lanjut Bupati mengatakan, oleh karena itu, Forkom diperlukan demi terciptanya suasana hangat untuk saling membimbing dan kerja sama. Melalui BumDes masyarakat bisa diajak untuk mandiri secara ekonomi sehingga desa tidak lagi tergantung pendanaan dari luar .

“Kehadiran Bumdes diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kontribusi Pendapatan Asli Desa yang dapat digunakan untuk membangun sarana dan prasarana yang ada di desa” harap Bupati Bone.

“BUMDES harus punya peran di desa, ke depan kita pikirkan BUMDES bisa mengelola langsung kebutuhan pupuk petani di desa yang sering menjadi kendala dalam pendistribusiannya,” kata Bupati Bone.

Dikatakannya, karena itu forkom ini punya tanggung jawab moral agar BUMDes bisa menjadi penopang dalam mengembangkan desa yang tentunya masayarakat menunggu bukti dari pengelola BUMDes,” tutupnya.

Di sela kunjungannya dalam rangka menghadiri hari jadi Bone, Gubernur Sulawesi Selatan juga meninjau langsung pameran BunDesma yang digelar di Lapangan Basket Merdeka Watampone. Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone

Hadir Wakil Bupati Bone, Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Kajari Bone, Kepala Kemenag Bone, dan undangan lainnya.