Dinas Pariwisata Bone Sasar Pengembangan Wisata Bahari

869

Dalam rangka membangun dan mengembangkan kepariwisataan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggandeng organisasi profesional.

Dinas yang baru dibentuk dua tahun lalu ini telah mampu menunjukkan hasil kinerjanya membangun dunia pariwisata Kabupaten Bone.

Salah satu obyek wisata yang dikembangkan adalah Tanjung Pallette yang kini menjadi ikon wisata Kabupaten Bone.

Di mana tahun-tahun sebelumnya Tanjung Pallette hanya mampu mendatangkan PAD Rp150 juta pertahun, ” Alhamdulillah pada tahun 2018 sudah bisa menggenjot PAD hingga 1 milyar rupiah” tutur Kadis Pariwisata Kab.Bone Andi Ikhwan Burhanuddin, S.H.,M.Si.

“Sebagai langkah awal tidak perlu banyak program yang penting fokus pelaksanaannya, selangkah demi selangkah” tuturnya saat ditemui di Cafe Kusuka Jln.Merdeka Watampone.

Dinas yang bertagline “Ayo ke Bone” ini untuk mempromosikan pariwisata salah satu yang dilakukan yakni melakukan Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Bone. Dalam ajang ini melibatkan putra-putri Bone yang nantinya bisa mempromosikan kepariwisataan di Kabupaten Bone.

Mereka dilatih dengan berbagai kecakapan khusus seperti pengenalan objek geografis sampai pengenalan obyek wisata bawah laut (wisata bahari).

“Jadi selain wisata alam yang ada di darat juga kita tetap memperhatikan panorama indah bawah laut. Bone ini ‘kan mempunyai obyek wisata tiga dimensi, yakni darat, gunung, dan laut dan semuanya bisa dikembangkan” jelas Kadis Pariwisata yang akrab disapa Puang Iwan.

Untuk mengembangkan Wisata Bahari, Dinas Pariwisata Kab.Bone menggandeng organisasi profesional untuk memberikan training pengenalan wisata bahari.

“Untuk pengenalan Wisata Bahari ini kami menggandeng Marine Pati Nusantara (Bone Dive Operator) yang sudah memiliki lisensi sebagai Operator Penyelaman” kata Kasi Promosi Dinas Pariwisata Kab.Bone Drs.Abd.Samad,M.Pd.

“Jadi kolam renang di Tanjung Pallette yang berhadapan langsung dengan laut Teluk Bone tidak hanya untuk berenang tapi bisa menjadi sarana pelatihan bagi wisatawan yang ingin belajar menyelam” tambahnya.

BACA JUGA : Duta Wsata Kab.Bone 2019 Training Sertifikasi Selam di Tanjung Pallette

BAGIKAN