Bone Terapkan Car Free Day Setiap Hari Minggu

124

Pemerintah Kabupaten Bone kembali mengaktifkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day).

Adapun lokasi penerapan tidak menggunakan kendaraan bermotor yaitu seputar Lapangan Merdeka Watampone dan Stadion Lapatau Watampone.

Car Free Day tersebut ditetapkan pada setiap Minggu mulai pukul 05.00 – 10.00 Wita (sekira lima jam).

Sebenarnya Car Free Day sudah diberlakukan sejak tahun 2015 lalu dan lokasinya hanya satu titik yaitu kawasan Stadion Lapatau dan tahun ini menjadi dua titik lokasi yakni kawasan Stadion Lapatau dan sekitar Lapangan Merdeka Watampone.

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. mengatakan, ” Karena tuntutan dan antusias Masyarakat Agar Car Free Day di buka lagi,  jadi hari ini lokasi di seputaran Lapangan Merdeka Menjadi Lokasi Car Free Day” ungkapnya.

Bupati berharap emisi gas buang kendaraan dapat berkurang dan dengan adanya Car Free Day masyarakat dapat berolahraga bebas dari polusi udara

” jadi waktu Car Free Day ini dimulai har Minggu  pukul 05.00 sampai jam 10.00 pagi. Pedagang Kaki 5 bisa bebas menjual selama jam Car Free Day ini dengan tertib dan tetap nenjaga kebersihan” kata Bupati Bone.

Usai membuka acara di Lapangan Merdeka Watampone, Minggu 10 Maret 2019, Bpk.Bupati, Bpk.Wakil Bupati, Bpk Dandim, Bpk. Sekda, dan masyarakat melakukan olahraga bersama dengan berjalan kaki.

Olah raga bersama ini sekaligus rangkaian kegiatan dalam menyambut perayaan Hari Jadi Bone ke-689 tahun.

Untuk diketahui, Dalam rangka penyelenggarakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day), Pemerintah Kabupaten Bone mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Bone Nomor 141 Tahun 2019.

Keputusan Bupati Bone tersebut menyangkut tentang Perubahan Keputusan Bupati Nomor 120 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day).

Dalam keputusan Bupati tersebut tertuang di antaranya, bahwa Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) dilaksanakan dengan menyelenggarakan fasilitas keolahragaan masyarakat umum dengan memanfaatkan ruas jalan di Kawasan Stadion Lapatau dan Kawasan Lapangan Merdeka serta wilayah lainnya pada setiap hari Minggu pukul 05.00 – 10.00 Wita.