Bupati Bone Membuka Workshop Penanggulangan Kesehatan Kedaruratan Masyarakat (KKM)

95

Bupati Bone, Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. membuka acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan terkait Persiapan Penyusunan Rencana Konstijensi Penanggulangan Kesehatan Kedarutan Masyarakat (KKM) Kabupaten Bone di Helios Hotel, 4 Maret 2019.

Adapun agenda utama acara yakni membahas tentang Persiapan Penyusunan Rencana Konstijensi Penanggulangan Kesehatan Kedarutan Masyarakat (KKM) di Kabupaten Bone.

Setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan daerah lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa risiko terhadap kedaruratan kesehatan masyarakat berbeda-beda pula.

Kedaruratan kesehatan masyarakat tentunya memerlukan upaya khusus untuk penanggulangannya. Salah satu kendala yang sering dijumpai dalam upaya penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia dan komitmen kerja sama lintas program dan sektor terkait.

Agar penyelenggaraan penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat di suatu wilayah dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan serta sasaran yang diharapkan, maka disusunlah rencana kontinjensi yang mengatur penyelenggaraan kegiatan dimaksud yang meliputi perencanaan, persiapan dan ketentuan pelaksanaan serta evaluasi.

Bapak Bupati dalam sambutannya berharap workshop ini betul-betul berjalan sesuai dengan harapan kita, dan ada action di dalamnya sehingga kita bisa menekan yang namanya persoalan penyakit penyakit masyarakat yang bisa lahir secara tiba tiba.

Lanjutnya, maraknya penyebaran berbagai macam penyakit di lingkungan masyarakat, membuat pemerintah semakin sigap menanggulangi dan meminimalisir dampak bahaya tersebut.

Hal ini terbukti hari ini digelar kegiatan penyusunan dokumen kebijakan kesiapsiagaan terhadap kesehatan masyarakat berupa rencana kontinjensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat.

Hadir dalam giat ini di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bone Dr. Hj. Khasma, M.kes., dan Tim Sub Dik Karantina Kemenkes.