Pangdam XIV/Hasanuddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang Kartika Ke-73 Tahun 2018

266

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Juang Kartika Ke-73 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone, Sabtu 15 Desember 2018.

Peringatan hari Juang Kartika ke-73 Tahun 2018 mengangkat tema ” TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”

Dalam sambutannya, Pangdam Mayor Jenderal TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si.mengingatkan pesan Panglima Besar Jenderal Sudirman, bahwa prajurit bukanlah tentara sewaan dan bukan tentara bayaran, politik tentara adalah politik negara, dan loyalitas tentara hanya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Hal ini dimaknai bahwa sejak lahir TNI tidak berpolitik praktis sehingga tidak terkotak-kotak dalam berbagai kepentingan, dan loyalitas TNI adalah loyalitas tegak lurus sesuai jenjang hirarki mulai dari pimpinan paling rendah sampai dengan Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI serta wajib bagi TNI untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah dalam menjalankan program pembangunan.

Upacara dihadiri Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si., Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman,S.T., pimpinan forkopimda Bone, Kapolres Bone, Pejabat OPD Kab.Bone, Danrem 141/Toddopuli, para Dandim jajaran Korem 141/Toddopuli, Pejabat TNI/Polri, Aspers Kasdam XIV/Hasanuddin, Aster Kasdam XIV/Hasanuddin, Danden Inteldam XIV/Hasanuddin,serta tamu undangan lainnya.

Dalam kunjungannya di Bone, selain menghadiri upacara Hari Juang Kartika, Pagdam Mayjen TNI Surawahadi juga berkunjung di Museum Arung Palakka, dan bahkan dianugerahi gelar penghormatan dari Lembaga Adat Bone, yaitu “La Patanra Lipu Daeng Pawatang”. Nama dan gelar bugis tersebut bermakna, orang yang mampu mendeteksi dan memberikan tanda keamanan suatu wilayah.

Foto Selengkapnya

BAGIKAN