Kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023

234

Bupati Bone diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Drs.A.Gunadil Ukra, M.M. membuka secara resmi Musrenbang RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023 yang dilaksanakan di Hotel Novena Watampone, Rabu, 12 Desember 2018.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) telah dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bone pada tanggal 12 Desember 2018.

Musrenbang RPJMD mempunyai tujuan untuk menyampaikan Rancangan RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023, melakukan sinkronisasi kebijakan prioritas daerah jangka menengah dengan perspektif arah pembangunan nasional serta mendapatkan masukan substansi untuk penyempurnaan kebijakan, strategi, dan program prioritas guna menyusun Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023 sebelum ditetapkan menjadi Perda.

Musrenbang ini mengangkat tema sesuai visi Pemerintah Kabupaten Bone, yaitu, “Masyarakat Bone Yang Mandiri ,Berdaya Saing dan Sejahtera”.

Bupati Bone dalam sambutannya diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Drs.A.Gunadil Ukra, M.M. mengatakan, Musrenbang ini dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan pasal 64 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Oleh karena itu, lanjutnya sesuai Visi Pemerintah Kabupaten Bone 2018-2023, yakni MASYARAKAT BONE YANG MANDIRI, BERDAYA SAING, DAN SEJAHTERA

Selanjutnya, untuk mewujudkan visi tersebut, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan kurun waktu 5 tahun ke depan ditetapkan misi sebagai berikut :

1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).
2. Mengembangkan kemandirian ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
3. Meningkatkan akses, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya.
4. Mengotimalkan akselerasi pembangunan daerah berbasis desa dan kawasan perdesaan.
5. Mendorong penciptaan iklim investasi yang kondusif untuk pengembangan usaha dan mengembangkan inovasi daerah dalam peningkatan pelayanan publik.
6. Meningkatkan budaya politik, penegakan hukum, dan seni budaya dalam kemajemukan masyarakat.

Pembahasan Musrenbang diplenokan masing-masing dipimpin oleh Drs.H.Abu Bakar,M M. mengekspos Rancangan RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023 dan Ir. Heny Anggriyani Rachman. M.Si. mengekspos Rancangan RPJMD Provinsi Sul Sel Tahun 2018-2023 serta dipandu moderator A. Andry Pratama, S.H.

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sulsel yang diwakili Ibu Heni Anggriani Rahim, Unsur Forkopimda Bone, Staf Ahli Bupati Bone, Asisten Setda Kab.Bone, Para Pimpinan Perangkat Daerah, Para Kepala Bagian dan Camat, Sekretaris dan para Kepala Bidang Lingkup Bappeda, Para Tenaga Perencana Perangkat Daerah dan Kecamatan, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kelompok Pemuda, Perempuan, Disabilitas, dan Dunia Usaha, LSM, Media Cetak dan Elektronik.

BAGIKAN