Gladi Posko Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Bone Tahun 2018

238

Kepala Badan Kesatuan Bangsadan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bone, Dray Venrianto memimpin apel gabungan di Lapangan Merdeka Watampone, Senin, 26 November 2018.

Apel digelar dalam rangka latihan dan simulasi gladi posko tim terpadu untuk penanganan konflik sosial dan penanggulangan bencana alam dengan melibatkan TNI-Polri dan masyarakat.

“Bagaimana penanganan kita pada saat konflik sosial, posko yang kita pakai ini berbeda dengan apa yang dilaksanakan posko TNI maupun Polri. Kita mengacu pada UU yang baru namun kita tidak lepas dari bantuan TNI maupun Polri,” kata Dray Vebrianto.

Terlebih keadaan sekarang ini diperparah oleh berkembangnya berita hoax dan provokator yang semakin memperkeruh suasana sehingga sehingga rawan menjadi konflik sosial yang bernuasa Sara.

“Intinya, penanganan konflik sosial ini bagaimana caranya kita menyatu dengan masyarakat dalam menjaga keamanan di Bone,” harapnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan deklarasi damai yaitu bagaimana persoalan bisa diselesaikan tanpa dengan kekerasan.

Ada beberapa cara penyelesaian konflik yang bisa dilakukan untuk menghentikan kekerasan. Pendekatan-pendekatan tersebut, antara lain perdamaian melalui kekuatan, pendekatan pola kontrol hukum, serta keamanan bersama dan konflik tanpa kekerasan.

Upaya-upaya ini dilakukan dari konflik zaman dahulu hingga saat ini untuk mencapai kehidupan sosial yang stabil dan perdamaian dalam setiap masyarakat.

BAGIKAN