Ziarah makam dalam daerah wilayah Kabupaten Bone

Pemerintah Kabupaten Bone menngelar giat ziarah makam dalam daerah wilayah Kabupaten Bone yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone Kamis, 18 April 2024.

Ziarah makam tersebut merupakan agenda terakhir ziarah makam rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke- 694 Tahun 2024 setelah melaksanakan ziarah makam di luar wilayah Kabupaten Bone.
Pj. Bupati Bone bersama rombongan mengunjungi Lokasi pertama yaitu Situs ManurungE Ri Matajang disambut dengan teaterikal drama singkat, sesuai yang tercatat dalam sejarah munculnya Mangkau (Raja) Bone pertama Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.
Camat Tanete Riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa di redam hingga diminta menjadi Mangkau.
Ditempat kedua, Pj. Bupati Bone beserta rombongan menziarahi makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jl. Jend. Ahmad Yani Watampone.
Raja Bone ke II adalah pandai besi termasyhur di Bone pada masanya. selain itu Raja Bone ke II ini sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.
Di Lokasi ke III, Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone.
Sasaran ziarah makam keempat bertempat di Kompleks Pemakaman KalokkoE, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete riattang letak lokasi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung.

📸dokprokopim_EM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *