=
Home / Berita / Gerakan Tanam Padi Serentak, Bupati Bone Terjun ke Sawah

Gerakan Tanam Padi Serentak, Bupati Bone Terjun ke Sawah

Kodim 1407 Bone bekerja sama Pemkab Bone melakukan Gerakan Percepatan Tanam untuk Peningkatan Luas Tambah Tanam Padi Wilayah Kabupaten Bone di Desa Jaling Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Kamis 18 Mei 2017.

Tujuan Gerakan Tanam Serentak tersebut, guna mendukung percepatan tanam padi sawah dengan musim tanam April-September 2017. “Gerakan tanam padi ini, guna mendorong semua petani agar dapat menanam padi dengan tujuan akhirnya untuk menyejahterakan petani itu sendiri.

Tanaman padi untuk periode April-September ini,dilakukan tiap musim penghujan, dan kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah sekaligus memajukan ketahanan pangan di Kabupaten Bone.

Dari kegiatan tanam padi ini, harapan dari kelompok tani hasil panen nanti bisa ditampung Bulog dengan harga tinggi di atas HET atau serapan gabah (Sergap) yang dilakukan Bulog di atas harga HET (Sergap).

Sementara Bupati Bone Bapak H.Andi Fahsar Mahdin Padjalngi, usai menanam padi, berharap, mudah-mudahan dari gerakan tanam padi ini membina petani sesuai program pemerintah dan bisa berhasil dengan maksimal, ” dan kami mengapresiasi peran Kodim 1407 Bone dengan melibatkan seluruh Koramil yang cukup aktif,” harap Bupati Bone.

Menurut Dandim 1407 Bone, Letkol Inf.Bobbie Tryantho,S.I.P. penanaman ini merupakan realisasi dari Rakor Gabungan Kementerian Pertanian RI, Pemda, serta Kodim dengan percepatan target luas tambah tanam (LTT) Mei 2017.

Target pencapaian untuk tahun ini sekira 5-6 ton perhektare, dengan kondisi sawah tadah hujan tanpa irigasi serta umur panen 115 hari terhitung mulai persemaian dan sudah benar-benar matang.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Anggota Persatuan Istri TNI (Persit) Kartika Chandra Kirana Kodim 1407 Bone, bahkan isteri-isteri TNI ini tak mau ketinggalan merekapun ikut menanam padi meskipun berjibaku dengan tanah lempung.