Selasa , 22 Agustus 2017
=
Home / Berita / Lagi, Bone Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden

Lagi, Bone Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden

Pemerintah Kabupaten Bone untuk kesekian kalinya memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat. Penghargaan berupa Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat itu diterima bertepatan pada puncak peringatan Harganas ke-24 tahun 2017 di Provinsi Lampung, Minggu 15 Juli 2017.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diterima langsung oleh Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. atas prestasinya yang menonjol, komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera di Kabupaten Bone.

Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi pada akun FBnya memberikan komentar ” Alhamdulillah,atas nama masyarakat kabupaten Bone, Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka Hari Keluarga Nasional 2017 di Lampung “

Lanjutnya, ” Ini merupakan wujud apresiasi Pemerintah Pusat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Bone serta seluruh pihak terkait. Utamanya dalam menyukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Bone,”.

Ini tentu tidak lepas pula kinerja Ketua TP PKK Kabupaten Bone dan seluruh anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten, seluruh ibu, dan segenap jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bone dalam menggerakkan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Menurut Bupati Bone, masalah kependudukan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, utamanya dalam mengantisipasi ledakan penduduk yang bisa saja terjadi apabila tak ada sosialisasi program KB dengan dua anak cukup maupun program pengendalian peningkatan jumlah penduduk setiap waktunya.

“Sesuai dengan program BKKBN bahwa setiap daerah harus bisa memiliki komitmen untuk mengatasinya. Maka sudah kewajiban kami membantu pemerintah daerah mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program KB ini,” urainya.

PKK Kabupaten Bone juga mempunyai kegiatan yang fokus pada masalah kependudukan, seperti bakti sosial gerak PKK, sosialisasi KB dua anak cukup ke semua kecamatan se-Kabupaten Bone. Kegiatan tersebut terencana secara berkelanjutan.

“Sasaran yang didekati tentu saja adalah ibu-ibu, dengan memberikan penjelasan bahwa yang paling penting bukan pada kuantitas jumlah keluarga yang diperbanyak, akan tetapi lebih bagaimana meningkatkan kualitas keluarga yang dibangun.

Jangan sampai banyak anak, tapi pendidikannya sampai SD atau SMP saja. Dua anak cukup, tapi sekolahnya tinggi dan bekerja sesuai yang diimpikan keluarga, itu yang namanya keluarga berkualitas.

Menurut Andi Chaerul, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bone sebelumnya mengungkapkan peran serta PKK dalam membantu program KB sangat tinggi. Pihaknya mengaku terbantu dukungan dan kegiatan PKK yang bersinergi dengan keinginan pemerintah daerah.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang KB, karena diberikan langsung oleh Presiden yakni Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat.

Untuk tingkat Sulawesi Selatan hanya Bone yang dapat dari sekian banyak Kabupaten yang diusul. Kalau tingkat nasional hanya 10 terpilih peroleh penghargaan dari 13 Kabupaten yang diusulkan BKKBN pusat, salah satunya adalah Bone.

Andi Chaerul mengungkapkan, penghargaan ini hasil kerja keras para pegawai yang mendapat dukungan penuh dari Bupati Bone, yang tidak lain adalah untuk sukseskan program KB yang ada di Kabupaten Bone.

Capaian peserta KB aktif dari tahun ketahun meningkat karena kesadaran masyarakat pada saat ini, memiliki keluarga yang berkualitas terus meningkat. Hal itu juga adanya program Kampung KB disebar hingga dusun yang dilakukan dalam empat tahun terakhir di Kabupaten Bone.