=
Home / Berita / Bupati Bone Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017

Bupati Bone Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 tingkat Kabupaten Bone dipimpin langsung oleh Bupati Bone yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Bone, Sabtu 28 Oktober 2017.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 tahun 2017 mengambil tema ” Pemuda Indonesia Berani Bersatu “

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. selaku Inspektur Upacara membacakan pidato resmi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, menyatakan, 89 tahun silam, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan Kramat Raya Jakarta.

Mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa yaitu Indonesia. Ikrar tersebut merupakan sejarah perjalanan bangsa Indonesia, di mana 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.

“Untuk itu kita sepatutnya mensyukuri dan meneladani sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sisi lain juga kita patut merenungi pernyataan Bung Karno yang pernah menyampaikan” jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Karena, kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah Satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,”.

Mari kita kukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia, stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu kepada para pemuda 1928,sudah saatnya kita melangkah ke tujuan yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Upacara dihadiri oleh Wabup Drs.H.Ambo Dalle,M.M.,Kapolres Bone AKBP Kadarislam Kasim,S.I.K.,S.H.,M.Si.,Dandim 1407 Bone Letkol Inf.Bobbie T.,Ketua DPRD Bone Drs.A.Akbar Yahya, M.M.,dan Sekda Kab.Bone H.A.Surya Darma,S.E.,M.Si., TNI/Polri, Pejabat SKPD, ASN, Organisasi Pemuda, Pramuka, dan Pelajar.