=
Home / Berita / Bone Raih Penghargaan INAGARA Award Tahun 2017 dari LAN Republik Indonesia

Bone Raih Penghargaan INAGARA Award Tahun 2017 dari LAN Republik Indonesia

Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia memberikan penghargaan INAGARA Award tahun 2017 kepada Pemerintah Kabupaten Bone. Penghargaan INAGARA Award diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen tinggi dan mampu menciptakan inovasi pada pemerintahan.

Penyerahan penghargaan INAGARA Award dilakukan bersamaan dengan peringatan HUT ke-60 LAN Republik Indonesia di Gedung LAN RI Jalan Veteran 10, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Dengan diraihnya penghargaan itu, Pemerintah Kabupaten Bone yang dinakhodai oleh Dr.H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si dan Drs.Ambo Dalle,M.M. yang telah meraih sejumlah penghargaan baik skala regional maupun nasional.

Penghargaan diberikan karena komitmen Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi terhadap perubahan dan inovasi yang tidak hanya di bidang fisik saja, tetapi komitmen untuk melakukan perubahan dan inovasi di bidang administrasi pemerintahan.

Kepala LAN RI Adi Suryanto dalam sambutannya mengatakan, penghargaan INAGARA Award merupakan penghargaan tertinggi di bidang inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kunci perkembangan pelayanan masyarakat disuatu daerah, tergantung pada pimpinan daerah masing-masing.

Lanjutnya, ” Jika pimpinan itu memiliki keinginan dan kemauan, pasti akan ikut berubah. Kriteria mendapat penghargaan tersebut, yaitu berhasil melaksanakan dan mengimplementasikan inovasinya hingga manfaatnya dirasakan masyarakat,” paparnya.

Kepala LAN RI Adi Suryanto meminta agar kabupaten/kota yang sudah mendapat penghargaan, diharapkan inovasinya tersebut jangan disimpan. Kebaikan itu harus dibagikan, sehingga bisa saling belajar.

Untuk mewujudkan masyarakat Bone yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera diperlukan komitmen tinggi, yakni Kerja cerdas, Kerja keras, dan Kerja ikhlas yang telah kita lakukan dengan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara serta dukungan masyarakat Bone. ” Alhamdulillah, kerja keras itu, telah diakui secara nasional dengan diraihnya INAGARA Award,” kata Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, usai menerima penghargaan tersebut.

Bupati Bone berharap, dengan diraihnya penghargaan INAGARA Award akan menambah motivasi bagi aparatur Pemerintah Kabupaten Bone untuk senantiasa melakukan perubahan ke arah perbaikan.

” Dalam bidang administrasi dan layanan kepada masyarakat, saat ini di Kabupaten Bone sedang digagas beberapa inovasi yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah. Tentunya yang lebih penting dari inovasi ini adalah Action-nya, Output-nya, dan yang paling penting lagi adalah Outcome-nya yang harus memberikan manfaat kepada masyarakat,” Ujar Bupati Bone.

Sementara itu Kepala LAN RI Adi Suryanto mengatakan, penghargaan terhadap kepala daerah juga bertujuan untuk memotivasi daerah lain untuk berinovasi di bidang pelayanan publik.

Tahun 2017 ini, LAN memberikan INAGARA Award kepada 15 Kepala Daerah yang dianggap menunjukkan komitmennya yang kuat dan dukungan penuh dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan inovasi di lingkungan pemerintahannya.

Khusus di Sulawesi Selatan hanya 2 (dua) Kepala Daerah yang mendapat INAGARA Award yaitu Kabupaten Bone dan Kota Makassar, dan Ke-15 daerah tersebut adalah Kabupaten Bone, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kudus, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purbalingga, Kota Ambon, Kabupaten Tulung Agung, Kota Solok, Kabupaten Banjar, Kabupaten Bantul, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Katingan, Kota Pontianak, dan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara.

Mendengar kabar Bone menerima penghargaan INAGARA Award, Alumni Sospol Unhas Hidayat Hafied di Makassar, Senin (7/8) mengapresiasi aparatur Pemerintah Kabupaten Bone di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. dan Drs. H. Ambo Dalle,M.M. atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya selama ini sehingga Bone mampu bersama 15 daerah lainnya di antara sekian ratus Kabupaten / Kota di negeri ini menjadi rujukan dan percontohan di bidang administrasi pemerintahan menuju terwujudnya pelayanan prima terhadap masyarakatnya.

Ini artinya LAN sebagai institusi negara yang berwenang memberikan penghargaan telah mempercayakan Kabupaten Bone sebagai daerah percontohan bagi daerah lainnya di bidang inovasi dan administrasi pemerintahan.

Hadir dalam acara penyerahan penghargaan INAGARA Award diantaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Pariwisata, dan Kepala LAN RI.