=
Home / Berita / Bone Kembali Raih Penghargaan Adipraja Satwa Sewaka Tahun 2017
Refleksi Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi saat menerima penghargaan dari Menteri Pertanian Dr Suswono di Comcentre Nusa Dua Bali, Rabu (5/6/2013)

Bone Kembali Raih Penghargaan Adipraja Satwa Sewaka Tahun 2017

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. akan menerima penghargaan Adipraja Satwa Sewaka dari Kementerian Pertanian RI. Penghargaan itu diberikaan atas keberhasilan Kabupaten Bone dalam pembangunan di bidang peternakan.

Penghargaan Adipraja Satwa Sewaka sebagai yang terbaik di Wilayah Indonesia Tengah tahun 2017 akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI pada acara Indo Livestok di Surabaya pada Rabu 17 Mei 2017 mendatang.

Pengharagaan Adipraja Satwa Sewaka ini sebagai yang kedua kalinya untuk Bone. Sebelumnya penghargaan yang sama diterima pada 5 Juni 2013 lalu yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Dr Suswono di Comcentre Nusa Dua Bali, Rabu 5 Juni 2013 lalu.

Tahun 2013 Kabupaten Bone memang layak memperoleh penghargaan tersebut karena Kabupaten Bone berada pada urutan ke empat sebagai kabupaten pemasok sapi terbesar di Indonesia. Selain itu, Kabupaten Bone juga memiliki kecamatan yang populasi ternak sapinya terbanyak di Indonesia yakni Kecamatan Libureng yang berpendudukĀ  32 ribu jiwa memiliki populasi ternak sapi hingga mencapaiĀ  36 ribu ekor sapi.

Tahun 2016 Populasi ternak potong (sapi dan kerbau) di Kabupaten Bone mencapai 395.308 ekor sehingga merupakan kabupaten dengan populasi terbanyak di Sulsel. Dan berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Bone, jumlah pengiriman Ternak Potong ke luar daerah Kabupaten Bone tahun 2015, yaitu sapi sebanyak 20.580 ekor, kerbau sebanyak 219 ekor, dan kuda sebanyak 255 ekor, dari jumlah tersebut termasuk ternak jantan dan betina.

Atas keberhasilan itu, Bupati Bone Bapak Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. akan menerima penghargaan Adi Praja Satwa Sewaka dari Menteri Pertanian Republik Indonesia pada acara Indo Livestok di Surabaya pada Rabu 17 Mei 2017 mendatang.

(Diskominfo dan Persandian Kab.Bone)