Bupati Bone Inspektur Upacara Hari Santri Nasional

Watampone-bone.go.id, Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si Menghadiri Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2022 sekaligus menjadi Inspektur Upacara yang dilaksanakan di Halaman Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru, Jl. Jend. Sudirman Watampone, Sabtu 22 Oktober 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan Kantor Kementeian Agama Kabupaten Bone dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022.

Sejak ditetapkan Presiden Ir. H. Joko Widodo pada Tahun 2015, sejak itulah Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri, Peringatan Hari Santri ini lalu digelar di seluruh negeri, tidak hanya pesantren tapi juga beragam lapisan masyarakat di Indonesia.

Peringatan Hari Santri Tahun 2022 mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, Tema ini memberi pesan bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Hadir dalam Kegiatan ini Dandim 1407 Bone, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, Danyon C Pelopor, Dandenpom XIV/1 Bone, Kapolsek Tanete Riattang, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bone dan Para Alim Ulama serta Tokoh Agama Kabupaten Bone.

Pada kegiatan ini Bupati Bone membacakan sambutan seragam Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan seragam yang dibacakan Bupati Bone mengatakan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini mengangkat Tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Bahwa Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, melainkan milik semua kompone bangsa di tanah air.

“Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata. Hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri.

Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Disela Kegiatan Bupati Bone juga memberikan hadiah kepada santri dan santriwati yang beprestasi.(Ril/NS_Dokpim/EM)