Didampingi Wakil Bupati Bone, Plt Gubernur Sulsel Resmikan Bendung Lalengrie Senilai Rp 63 M di Lappariaja

BONE.GO.ID, WATAMPONE— Bendung Lalengrie di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, diresmikan oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST , Sabtu, 4 Desember 2021. Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 63,4 miliar.

Turut hadir dalam peresmian Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo dalle, M.M. plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Prov. Sulsel Astina Abbas, Angota DPRD Sulsel, Unsur Forkopimda Bone dan Forkopimcam Lappariaja.

“Tentu hari ini kita datang untuk meresmikan bendung Lalengrie. Bendung ini dikerjakan sejak 2019 dan ini adalah hasil dari permintaan masyarakat sekitar dan kemudian kita buat,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami berharap fasilitas ini untuk dipakai dengan baik, dipelihara, semua menjaga dan tertib dalam penggunaanya. Sipammase-mase ki (mari saling menyayangi),” sebutnya.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle menyampaikan, hadir infrastruktur bendung dan embung sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bone.

“Dan yang paling bersyukur hari ini adalah kabupaten Bone, karena bangunan yang tidak pernah dimimpikan hadir di tengah-tengah kita karena perjuangan dari Bapak Gubernur Sulsel,” sebutnya.

Ia menyebutkan, Andi Sudirman mengakomodir dinamika yang hadir di masyarakat. Selain membangun bendung juga membangun embung.

“Alhamdulillah, semua bisa diakomodir. Oleh karena itu saya mewakili pemerintah dan masyarakat Bone menyampaikan terima kasih atas kerja keras ini. Sehingga ini bisa dihadirkan di Bone,” ujarnya.

Bendung dan embun Lalenrie akan mengairi 1.100 hektar. Namun untuk pengerjaan tahap 1 dan tahap 2, baru bisa mengairi 700 hektar.

Hal itu dikarenakan masih ada pekerjaan lanjutan untuk menghubungkan daerah irigasi pada bagian bawah. Rencananya dilanjutkan tahun 2022. Sedangkan embung Lalengrie akan mengaliri 300 hektar sawah. Pembangunan embun dan bendungan tujuannya untuk meningkatkan indeks produksi dari petani, baik dari petani baik perkebunan maupun padi. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *