Bupati Bone Hadiri Penyerahan Penghargaan dan Piala Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bone

Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. hadir dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan dan Piala Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bone dan Penghargaan Status Mandiri Kabupaten Bone Tahun 2021 di Hotel Helios, Watampone, Kamis 22 Juli 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Drs. A. Gunadil Ukra, M.M. dalam laporannya, mengatakan ide dan gagasan video singkat Desa Mandiri itu tercipta di Warkop.

“karena menurut saya Warkop adalah tempat yang merdeka karena semua kalangan masyarakat ada di situ dan banyak ide-ide inovasi yang muncul dan bisa diterapkan ke desa” ungkapnya.

Terima kasih semua pihak yang terlibat para tim penilai terutama Forkopimda Kabupaten Bone yang selalu membimbing kami dalam melaksanakan kegiatan Desa Mandiri dan Lomba Desa.

Sementara Bupati Bone mengatakan Lomba Desa ini Sangat Penting karena ini Perintah Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa, Saya tidak mau lagi Terulang tahun ini hanya 5 Desa yang ikut Lomba Desa, Saya Mau minimal 3 Desa Kecamatan di Kabupaten Bone Ikuti lomba Desa.

Pontensi Desa bisa digunakan untuk membuat Desa Maju dan Mandiri, sinergitas 3 pilar antara TNI, Polri dan Pemerintah sangat Penting untuk membuat Desa berubah.

Kondisi saat ini, Desa dituntut untuk manghasilkan pendapatan asli desa dengan potensi desa yang ada, ini perlu ada inovasi dan ide agar desa mampu mengolah potensi yang ada di desanya.

Saya mengharapkan para Camat untuk menggenjot inovasi yang ada di desanya, koordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) untuk mendapat informasi terkait lomba-lomba inovasi yang ada.

Hadir dalam Kegiatan ini Wakil Bupati Bone, Kasiren Korem 141/TP, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Sekda Bone, Dandenpom XIV/1, Danyon C Pelopor Tenri Betta, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, Para Camat dan Para Kepala Desa.

Kegiatan ini juga di laksanakan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Piala Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bone, untuk Juara Pertama diraih Desa Mallari Kec. Awangpone, Juara Kedua diraih Desa Panyili Kec. Dua Boccoe dan Juara Ketiga Desa Mattampawalie Kec. Lamuru.

Dilanjutkan Pengumuman 18 Desa Mandiri Tahun 2021 yakni Desa Sanrego Kec. Kahu, Desa Malimongeng Kec. Salomekko, Desa Bulu-Bulu Kec. Tonre, Desa Pitumpidange Kec. Libureng, Desa Wanuawaru Kec. Libureng, Desa Patangkai Kec. Lapri, Desa Poleonro Kec. Lamuru, Desa Usa Kec. Palakka, Desa Passippo Kec. Palakka, Desa Kading Kec. Awangpone.

Kemudian Desa Mallari Kec. Awangpone, Desa Lappo Ase Kec. Awangpone, Desa Lamuru Kec. Tellu Siattinge, Desa Panyili Kec. Dua Boccoe, Desa Uloe Kec. Dua Boccoe, Desa Selli Kec. Bengo, Desa Bengo Kec. Bengo dan Desa Liliriawang Kec. Bengo, Ke 18 Desa ini disematkan Pin Desa Mandiri oleh Bupati Bone dan Penghargaan Camat Terbaik diraih Camat Awangpone. (DL)