Bupati Bone Hadiri Panen Nilam di Desa Manurunge

Desa Sejahtera yang digagas oleh Astra Bersama Pemerintah Kabupaten Bone dan IAIN Bone menggelar kegiatan Panen Nilam di Desa Manurunge Kecamatan Ulaweng, Kamis 8 Juli 2021.

Panen Nilam ini dihadiri langsung Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. didampingi Rektor IAIN Bone, Kepala dinas PMD Kab. Bone, Kepala Dinas Pertanian Kab. Bone, Kepala Dinas Perindustrian Kab. Bone, Kasatpol PP Kab. Bone, dan Camat Ulaweng.

Astra melalui Desa Sejahtera bekerja sama dengan Pemkab Bone dan IAIN Bone melakukan Pemberdayaan kepada Masyarakat untuk Budidaya Tanaman Nilam, dan nilam ini nantinya akan diolah dan dibuat menjadi Minyak Atsiri.

Ada 3 desa di Kabupaten Bone Tahun 2021 yang disupport oleh Astra, yakni Desa Manurunge, Desa Pallawarukka, dan Desa Ulaweng Cinnong.

Rektor IAIN Bone mengatakan suatu kesyukuran karena kegiatan ini dihadiri Bupati Bone bersama rombongan.

Kegiatan ini kedua kalinya PT Astra Bersama IAIN dan Pemda melaksanakan kerja sama Pemberdayaan Masyarakat.

Program ini harus berlanjut dan perlu mendapatkan kerja sama yang baik kepada stakeholder yang terkait, perlu kolaborasi yang baik terutama bersama masyarakat.

Sambutan dan Arahan Bupati Bone mengatakan kami sangat apresiasi kepada Rektor IAIN bersama Jajaran dengan adanya inovasi-inovasi yang lahir untuk masyarakat.

Perguruan Tinggi memang dituntut untuk terus membuat inovasi yang menyentuh langsung masyarakat.

Masyarakat sangat mendambakan inovasi yang bisa membuat kesejahteraan masyarakat meningkat.

Salah satu contoh di tempat ini ada Tanaman Nilam ada juga Tanaman Jagung tinggal bagaimana pengolahannya agar bisa mengangkat nilai Ekonomi kepada Masyarakat.

Saya berharap Inovasi dari LPPM IAIN Bone ini tentu kami harapkan karena masih banyak masyarakat dan petani yang belum tersentuh, semoga bisa ada penambahan Desa lain untuk tersentuh dengan inovasi dari LPPM ini, Ungkap Bupati Bone. (NS)